Balikpapan

Rizal Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada

Memilih kotak kosong tetap dibolehkan.

Report: Taufik Hidayat I Editor: Faisal

TIMUR MEDIA– Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengajak masyarakat untuk mensukseskan Pilkada Balikpapan Desember 2020. Meski hanya calon tunggal, namun warga tetap bisa memilih kotak kosong.

“Sebagai kepala daerah kita hargai hak politik masing-masing parpol, kita tetap harus mensukseskan pilkadanya,” ujar Rizal.

Ia menjelaskan, dalam undang-undang calon tunggal diakomodir. Sehingga meski hanya ada calon tunggal, tapi Rizal tetap menghargai proses politik ini. “Satu calon tetap memenuhi syarat. Kita tetap menghargai, pilkada tetap kita sukseskan,” ujarnya.

Rizal mengakui kegagalan partainya untuk membentuk koalisi pengusung calon. Awalnya sudah ada dukungan 10 kursi, namun di detik akhir koalisi itu bubar. Mereka berbalik mendukung pasangan calon tunggal dan meninggalkan calon dari kader NasDem, Ahmad Basir.

“NasDem memang tidak berhasil memajukan calonnya bersama koalisi. Karena dinamika dukungan sudah 10 kursi akhir berubah,” jelas Rizal. Ia menyayangkan hal ini lantaran tidak ada kompetisi semestinya.

Karena hanya calon tunggal, Rizal menyerahkan pilihan masing-masing kepada masayarakat. “Misalnya memilih calon yang ada silahkan, milih kotak kosong juga dihargai karena itu ada dalam undang-undang,” ujarnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button