Balikpapan

Ribuan Alat Pelindung Diri Sudah Tiba

Report: Hendra| Editor: Abi K

TIMUR MEDIA – Sebanyak 2.000 unit alat pelindung diri atau APD untuk wilayah Kaltim, tiba di Balikpapan. Ribuan APD itu tiba dengan menggunakan pesawat milik TNI AU jenis CN-295 dari Skuadron Udara II Lanud Halim Perdana Kusuma, Rabu 25 Maret 2020 malam.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan APD ini untuk memenuhi kebutuhan tim kesehatan dalam penanganan penyebaran virus korona di Kaltim. Hal ini menyusul terjadinya kelangkaan yang sempat terjadi selama beberapa hari.

Kelangkaan APD, sambung Rizal, dipicu meningkatnya penanganan korona di sejumlah rumah sakit rujukan. Ia merasa bersyukur akhirnya ribuan kit APD tiba di Balikpapan.

“Alhamdulillah, hari ini telah tiba dan langsung dibagikan ke sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di wilayah Kaltim,” tutur Rizal, usai menerima APD dari TNI AU.

Ia menambahkan, “Dengan datangnya penambahan 2.000 unit APD untuk tenaga medis bisa menutupi kekurangan selama ini. Apalagi mereka sebagai garda terdepan melawan korona.”

Rizal berharap tenaga kesehatan diberi kekuatan untuk menjalankan tugasnya dalam melawan penyebaran korona.

“Semoga dengan datangnya APD ini dapat memudahkan kerja para petugas medis kita. Dan kita doakan semoga mereka diberi kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas mulia ini,” harap Rizal.

Ia juga berharap sedikitnya 500 unit APD bisa diterima Balikpapan.

Kasdam VI Mulawarman Brigjend TNI Nugraha Hartanta menjelaskan, adanya kelengkapan ini dapat membantu para petugas kesehatan yang ada di garis terdepan penanganan korona.

Apalagi, sambung Brigjen TNI Nugraha, salah satu tantangan melawan korona ini memastikan para petugas medis tidak ikut terpapar. “Karena itu alat-alat ini menjadi sangat penting,” ujarnya.

Menurut Brigjen TNI Nugraha, APD ini juga menjadi kelengkapan yang wajib digunakan saat bekerja. Tujuannya untuk menjaga keselamatan pekerja dan orang yang ada di sekelilingnya.

“APD ini akan diperoleh secara bertahap,” jelasnya. Sebanyak 40 dus APD diserahkan Kasdam VI Mulawarman Brigjend TNI Nugraha Hartanta kepada perwakilan rumah sakit rujukan di Lanud Dhomber Balikpapan. 

Ia berharap setidaknya Balikpapan bisa mendapat 500 set dari total 2.000 set APD yang didistribusikan untuk Kaltim.

“Mudah-mudahan bisa dapat 500-an untuk Balikpapan. Ini sangat penting terutama Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo dan 12 rumah sakit lainnya,” tuturnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button