Internasional

Relawan Uji Vaksin Covid-19 Meninggal

Presiden Brasil menegaskan, vaksin Covid-19 itu tidak akan diberikan di negaranya.

Report: Maya I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Relawan yang mengikuti uji coba vaksin virus Covid-19 meninggal dunia. Relawan ini adalah peserta uji coba vaksin AstraZeneca dari Universitas Oxford yang dilakukan di Brasil. Kematian ini diumumkan Badan Pengawas Kesehatan Brasil Anvisa, Rabu, 21 Oktober 2020.

Kendati jatuh korban, namun penyelenggara tidak menghentikan uji coba vaksin itu. Pihak penyelenggara, Oxford mengatakan, seluruh insiden medis yang signifikan, baik peserta dalam kelompok kontrol atau kelompok vaksin Covid-19, ditinjau secara independen.

D’Or Institute, yang mengelola uji klinis di Rio Brasil, mengatakan 8.000 relawan telah menerima vaksin dalam uji coba tersebut.

Juru bicara pembuat vaksin AstraZeneca menolak berkomentar secara khusus mengenai laporan bahwa seorang relawan dalam uji coba vaksin virus corona di Brasil telah meninggal. Namun itu mengindikasikan tidak ada yang terjadi untuk membenarkan penghentian atau penundaan uji coba.

Surat kabar Brasil O Globo, melaporkan, relawan yang meninggal adalah dokter berusia 28 tahun yang merawat pasien virus Corona Covid-19 di Rio de Janeiro.

Seorang juru bicara AstraZeneca mengatakan dia tidak dapat mengomentari kasus meninggalnya relawan saat uji coba vaksin Covid-19 tengah berlangsung. Hal ini dikarenakan persyaratan kerahasiaan dan aturan uji klinis. Oxford mengonfirmasi bahwa kematian sukarelawan tersebut ditinjau oleh komite independen.

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, justru meyakini obat antimalaria hydroxychloroquine sebagai obat Covid-19 yang manjur, sejak lama sangat curiga terhadap vaksin. Ia pun menegaskan, vaksin Covid-19 itu tidak akan wajib diberikan di negaranya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button