Kaltim

Ratusan Ribu Penerima Bansos Kaltim Terverifikasi

Report: Robi I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Kepala Dinas Sosial Pemprov Kaltim, Agus Hari Kesuma, mengklaim saat ini dana bantuan sosial mulai dicairkan untuk dua daerah Kaltim, yakni Balikpapan dan Kukar. Sekitar 41 ribu warga terverifikasi telah menerima bantuan yang dananya dari APBD Kaltim 2020. Setelah dua daerah tersebut, mulai pekan ini dibagikan untuk daerah lain.

Menurut Agus, total penerima dana bansos mencapai 150 ribu warga. Mereka telah terdaftar menjadi penerima bantuan sosial mandiri dari Pemprov Kaltim. “Dan sudah ada 140 ribu yang sudah terverifikasi,” tutur Agus, dalam keterangan pers.

Pemerintah Kaltim membagikan dana bantuan sosial dampak Covid-19 ini untuk ratusan ribu penerima di 10 kota/kabupaten di Kaltim. Bantuan dibagikan bertahap sesuai proses verifikasi yang telah tuntas.

Untuk daerah selain Balikpapan dan Kukar, pihaknya akan mendistribusikannya pekan ini. Setiap warga menerima sebesar Rp 250 ribu per bulan, selama tiga bulan terhitung sejak Mei, Juni, dan Juli. “Total bantuan sebesar Rp 750 ribu,” kata Agus.

Bantuan itu akan ditransfer melalui dua bank, yaitu Bankaltimtara dan Bank BRI. “Secara bertahap dicairkan,” terang Agus. Ia mengaku masih ada kendala yang dialami terkait pembagian bansos ini, yaitu masalah verifikasi yang panjang.

Proses itu, kata Agus, menyebabkan distribusi tidak berbarengan serentak. Sebab panjangnya proses verifikasi. Agus menjamin pemprov berupaya keras agar seluruh warga terdampak Covid-19 bisa segera menerima bantuan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button