Ibu Kota BaruKaltim

Ratusan Personel Kawal Kemah Jokowi

Report: Taufik I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Menjelang kemah Jokowi dan kedatangan gubernur di Indonesia, Polresta Balikpapan mengerahkan sekitar 400 personel. Para personel ini disebar ke pelbagai titik di Balikpapan.

Mulai Minggu 13 Maret 2022, ratusan personel Polresta Balikpapan itu digabung dengan personel TNI. Demikian diutarakan Kapolresta Balikpapan yang juga Wadansus Pengamanan Kunjungan Presiden RI dan Gubernur, Kombes Pol Vincentius Thirdy Hadmiarso.

Para personel gabungan itu, menurutnya, telah bersiap memberi pengawalan dan keamanan yang dimulai hari ini sampai Jokowi kembali ke Jakarta.

“Mulai hari ini sampai presiden kembali ke Jakarta. Seluruh personel gabungan dari TNI dan Polri, diturunkan di titik-titik yang sudah ditentukan,” jelas Vincentius Thirdy.

Para personel mengamankan wilayah sesuai titik yang telah ditentukan Kodam VI/Mulawarman selaku penanggungjawab keamanan. Pengawalan dilakukan mulai dari bandara, hotel, sampai sepanjang jalan yang akan ditempuh iring-iringan menuju Kabupaten PPU.

Masing-masing kelompok personel dipimpin Dansus Satgas. Sedangkan petugas Polresta Balikpapan yang tidak diamanahi pengawalan tetap disiagakan di Mapolresta Balikpapan.

Jokowi diagendakan berkemah di kawasan IKN Nusantara, pekan ini. Seluruh gubernur dari 34 provinsi diundang ke IKN, tapi hanya gubernur se-Kalimantan yang ikut menginap berkemah bersama Jokowi.

Keterangan itu diutarakan Gubernur Kaltim H Isran Noor dalam keterangannya dalam akun medsos resmi, Pemprov Kaltim. “Karena ini IKN, tamu (gubernur) akan memakai pakaian adat Nusantara dari masing-masing provinsi. Namun rencananya gubernur yang akan menginap berkemah bersama Presiden hanya lima gubernur se-Kalimantan,” ujarnya.

Yakni, Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

Agenda kemah akan dihelat pekan ini. Isran mengatakan persiapan kemah sudah berjalan baik.

“Alhamdulillah persiapannya sudah dikerjakan, dan pada hari-H nanti sudah 100 persen, kemahnya sudah dapat dipergunakan Presiden beserta rombongan. Ini berkat kerja sama Sekretariat Negara dan pihak-pihak terkait, seperti Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim, terutama persiapan kemah yang akan ditempati Presiden Joko Widodo,” terang Isran.

Ia memaparkan, dalam acara itu, Jokowi akan memberi arahan kepada gubernur se-Indonesia. Termasuk syukuran dan melakukan ritual adat menyambut pembangunan IKN Nusantara.

“Selain itu, ada ritual masing-masing gubernur membawa 1 liter air yang berasal dari daerah masing-masing. Air tersebut nantinya akan dimasukkan dalam satu wadah yang sudah dipersiapkan panitia,” paparnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button