Balikpapan

Rahmad Mas’ud Dilantik Juli

Pelantikan dilakukan dalam tiga tahap.

Report: Yoyo I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Petahana Rahmad Mas’ud, yang menjadi pemenang di Pilkada Balikpapan 2020 akan dilantik bulan Juli mendatang.

Hal itu disampaikan, Kepala Biro Humas Setprov Kaltim, Muhammad Syafranuddin. Pelantikan kepala daerah di Kaltim, dibagi tiga tahap.

Ivan, sapaan karim Syafranuddin menerangkan, Ivan sapaan akrabnya menerangkan, tahap pertama digelar Februari 2021. Pada Jumat 26 Februari 021, ada enam kepala daerah terpilih di yang telah resmi dilantik Gubernur Kaltim Isran Noor.

“Keenam daerah itu Samarinda, Kutim, Kukar, Berau, Mahakam Ulu, dan Paser,” jelasnya. Tahap kedua pelantikan dijadwalkan pada April 2021, yakni kepala daerah dari Kubar dan Bontang.

“Tahap kedua di Kaltim untuk Bontang dan Kubar, sedangkan gelombang ketiga Balikpapan,” ujarnya. Untuk tahap ketiga, pelantikan dilakukan pada Juli 2021.

Ia menerangkan untuk Wali Kota Bontang periode kepemimpinan 2016-2021 berakhir pada bulan Maret. Adapun masa kepemimpinan Bupati Kutai Barat berakhir pada April 2021. Sedangkan Wali Kota Balikpapan periode 2016-2021, berakhir pada Mei 2021.

Ivan menerangkan mekanisme pengisian pimpinan daerah akan disesuaikan lama kekosongan waktu dari masa berakhir kepala daerah hingga pelantikan kepala daerah baru.

“Nanti kalau masa kekosongan kepala daerah berjarak lebih dari satu bulan, maka Pemprov Kaltim akan menunjuk penjabat sementara kepala daerah,” jelasnya. Namun, bila masa kekosongan di bawah satu bulan, maka cukup dengan penunjukan pelaksana harian.

“Sesuai aturan jika kekosongan kepala daerah berjarak lebih satu bulan akan ditunjuk pejabat sementara (Pjs). Sedangkan di bawah satu bulan akan ditunjuk pelaksana harian (Plh),” jelas Ivan.

Pada Pilkada Desember 2020, Rahmad Mas’ud berpasangan dengan alm Thohari Aziz. Namun, sampai saat ini belum ada kepastian siapa pengganti Thohari. Nama yang mencuat, istri alm Thohari dan politisi PDIP sekaligus anggota Komisi III DPRD Kaltim Eddy Sunardi Darmawan atau yang karib disapa Edy Tarmo. Namun, belum ada satu nama pun yang diumumkan secara resmi.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button