Internasional

Putin Sampaikan Selamat Idul Adha

Red : Ahmad Mulyadi

MOSKOW, TIMUR MEDIA — Presiden Federasi Rusia, Vladimir Vladimirovich Putin, mengucapkan selamat hari raya Idul Adha (istilah dalam Bahasa Rusia: Kurban Bayram) kepada seluruh warga Rusia yang beragama Islam. Hal itu disampaikan Putin saat perayaan Idul Adha yang dilakukan secara serempak oleh seluruh Muslim di Rusia pada Jumat 31 Juli 2020.

Dalam pesannya, Putin mengatakan Muslim di Rusia berkontribusi secara positif dalam melestarikan keberagaman budaya di Negeri Beruang Merah itu. “Perayaan keagamaan ini (Lebaran Idul Adha), penting bagi setiap Muslim, merupakan simbol nilai-nilai spiritual yang mulia yang terdiri dari kesalehan, keadilan, rahmat dan cinta sesama, yang semuanya merupakan dasar dari al-Quran yang mulia,’’ kata Putin seperti dikutip Anadolu Agency (31/7/2020).

Putin juga mengungkapkan umat Muslim di Rusia berhasil membantu Rusia menciptakan kohesi dan harmoni antara berbagai kelompok etnis dan agama di Rusia. Seperti diketahui, Rusia adalah sebuah negara dengan komposisi etnis dan agama yang beragam. Agama Islam adalah agama terbesar kedua di Rusia setelah Kristen Ortodoks. Selain dua agama tersebut, terdapat juga pemeluk Buddha, Yahudi dan beberapa kepercayaan lainnya.

Sementara itu, Presiden Dewan Fatwa Rusia dan Direktorat Spiritual Muslim Federasi Rusia, Ravil Gainutdin, mengungkapkan kegembiraannya atas keberhasilan umat Muslim di Rusia yang merayakan Hari Raya Idul Adha dengan sejumlah protokol kesehatan. Secara umum, kata dia, semua Muslim di Rusia memahami dan melakukan dengan baik semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah setempat terkait pandemi COVID-19.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close