Internasional

Putin dan Biden Segera Gelar Pertemuan

Red : Ahmad Mulyadi

TIMUR MEDIA – Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral bulan depan. Demikian disampaikan Juru Bicara Presiden Rusia, Dmitry Peskov, dilansir RIA Novosti (25/5/2021).

Pertemuan antara Putin dan Biden ini akan digelar di Jenewa, Swiss, pada 16 Juni. Dalam pertemuan tersebut akan dibahas isu-isu global seperti Covid-19, konflik-konflik di berbagai belahan dunia serta sejumlah isu terkait hubungan antara dua negara tersebut. Pertemuan ini akan menjadi pertemuan yang pertama antara Presiden Rusia dan Presiden AS sejak terpilihnya Biden sebagai Presiden AS.

Saat ini, hubungan antara Amerika Serikat dan Rusia berada di titik terendah sejak Perang Dingin berakhir. Baik Rusia maupun AS memiliki pandangan yang berbeda terkait berbagai isu yang melibatkan dua negara kekuatan nuklir terbesar di dunia tersebut. Isu-isu tersebut di antaranya menyangkut pembangunan saluran gas North Stream 2, konflik di Suriah, Ukraina, Libia serta isu Navalny.

Hubungan mereka bahkan semakin memburuk setelah Amerika Serikat menjatuhkan sejumlah sanksi ekonomi kepada Rusia dan ketika masing-masing negara saling mengusir diplomat negara seterunya.

Dengan pertemuan yang telah dijadwalkan tersebut, diharapkan kedua pihak dapat menerunkan ketegangan di antara mereka. Apalagi, kedua negara tersebut merupakan pemain kunci di berbagai isu global yang dampaknya terasa oleh negara-negara lain. “Para pemimpin akan membahas berbagai masalah mendesak, karena kami berusaha memulihkan prediktabilitas dan stabilitas hubungan AS-Rusia,” kata Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki, dilansir Aljazeera (25/5/2021).

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button