Internasional

Putin Sebut Barat Bertanggung Jawab atas Krisis Imigran

Red : Ahmad Mulyadi

TIMUR MEDIA — Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyebut Barat bertanggung jawab atas krisis imigran yang terjadi di perbatasan Belarusia-Polandia. Demikian dilaporkan Kantor Berita Reuters (13/11/2021).

Menurut Putin, krisis tersebut perlu dilihat akar permasalahannya, yaitu konflik berkepanjangan yang terjadi di Irak dan Afghanistan. “Jangan lupa dari mana asal mula krisis imigran. Apakah Belarus adalah pelopor dalam masalah ini? Tidak, alasannya diciptakan oleh negara-negara barat dan Eropa sendiri,” kata Putin.

Fakta bahwa para imigran ini melintasi Belarusia sebagai jalur mereka, menurut Putin hal itu tidak mengejutkan karena negara tersebut memiliki kebijakan bebas visa bagi sejumlah negara, termasuk negara-negara asal para imigran tersebut.

Putin mengatakan, ia berharap Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Belarusia Aleksander Lukashenko segera menggelar dialog merumuskan solusi masalah tersebut. Hal itu karena negara tujuan utama dari para imigran itu kebanyakan adalah Jerman, dengan melintasi wilayah Belarusia dan Polandia terlebih dahulu.

Selain masalah krisis imigran, Putin pun menyinggung krisis politik yang terjadi antara Rusia dan Barat. Di antaranya yaitu krisis yang terjadi di perbatasan Rusia-Ukraina dan wilayah sekitar Laut Hitam. Menurut Putin, pihaknya mengkhawatirkan peningkatan aktifitas militer Barat di sekitar wilayah-wilayah tersebut.

 

 

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button