Balikpapan

Puluhan WNA Mengapung di Teluk Balikpapan

Report: Taufik Hidayat I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Sekitar 20 warga negara asing asal Ukraina ditemukan mengapung di Buih Nol Perairan Teluk Balikpapan Selat Makassar. Rerata korban adalah pemuda dan orangtua.

Selain puluhan WNA, ada juga tiga warga Indonesia bersama mereka, Selasa 2 Februari 2021, malam.

Mereka berhasil diselamatkan dua kapal berbeda. Dari puluhan orang yang ditemukan, sembilan di antaranya sudah ada di Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Dari informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi pada Selasa malam. Ke-20 WNA itu menumpang speedboat dengan tiga motoris asal Indonesia. Namun naas, saat tiba di dekat Buih Nol, speedboat yang mereka tumpangi tenggelam karena cuaca yang buruk.

Belum diketahui pasti penyebab utama para korban berada di tengah laut di malam hari tersebut.

Keterangan dari Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Melkianus Kotta melalui Kasi Ops dan Siaga Octavianto memaparkan pihaknya menerima kecelakaan itu dari Vessel traffic service.

Informasi itu menyebutkan, telah terjadi Laka Air Speed Boat Crew Kapal Eurydiki di Perairan Teluk Balikpapan sekitar Buih Nol.

“Korban yang tervisual di lokasi kejadian menurut laporan dari kapal yang menyelamatkan korban estimasi 23 orang,” jelas Octavianto.

Seluruh korban, sambung Octavianto, berhasil diselamatkan. Sebanyak 12 orang diselamatkan kapal MV Manalagiasa dan 11 orang sisanya diselamatkan Kkpal TB Mulia 7.

Menurut Octavianto, sembilan korban yang berasal dari Ukraina telah berada di Pelabuhan Semayang sejak Rabu pagi pukul 04.00 Wita. Mereka diselamatkan kapal TB Mulia 7.

Ia menjelaskan, kronologis peristiwa belum terungkap detil lantaran terkendala masalah bahasa. Sembilan korban yang berhasil dievakuasi dan dibawa ke Pelabuhan Semayang:

1. Oleksandr Moros (L/58th)
2. Gayduk Volodymyr (L/37th)
3. Monastyrsky Vadym (L/55th)
4. Kozelskyi Volodymyr (L/27th)
5. Koroyid Mykola (L/55th)
6. Belyavskyi Oleksiy (L/41th)
7. Nazarinko Igor (L/57th)
8. Iliukhin Oleg (L/43th)
9. Anatolii grossu (L/30th)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button