Kaltim

Puluhan Kios di Pasar Segiri Terbakar

Diduga kebakaran terjadi akibat korseleting listrik.

Report: Hendra I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Sekitar 36 kios di pasar Segiri hangus dilalap api. Kebakaran terjadi pada Minggu 28 Juni 2020 sore. Kepulan asap membubung tinggi di atas langit kawasan Jalan Dr Soetomo, Samarinda Ulu, Kaltim.

Kobaran api dengan cepat menyambar ke setiap bangunan kios yang kebanyakan terbuat dari material kayu. Diduga, kejadian itu lantaran hubungan arus pendek di deretan kios pedagang sembako. Untuk mencegah kobaran api meluas, diterjunkan 12 unit mobil tangki pemadam ke lokasi.

Ratusan pedagang dan pengunjung sempat lari tunggang langgang menyelamatkan diri. Beberapa di antaranya berupaya menyelamatkan barang dagangan.

Salah satu pedagang, Andi, mengaku tidak menyangka api tiba-tiba membesar saat sebagian besar kios pedagang daging tutup, sekitar pukul 11.30 Wita. Namun, kios lainnya masih ramai. Ia juga mengaku kaget saat mendengar teriakan warga dari lokasi kebakaran.

“Saya lagi duduk di sini tiba-tiba ada yang teriak. Api sudah besar juga,” ujarnya. Ia pun segera mengambil air dan berupaya ikut memadamkan api. Saat ingin mengambil air, aliran listrik belum dipadamkan. Akhirnya terpaksa dibatalkan. “Saya mau ambil air, tapi listrik masih menyala. Takut kesetrum jadinya.”

Menurutnya kios yang didominasi material kayu memengaruhi cepatnya penyebaran api. Terlebih akses jalan sempit ke sumber api menambah sulitnya proses pemadaman. Kobaran api pun mengakibatkan 36 kios di RT 27 dan 28, tinggal tersisa puing.

Petugas gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran Samarinda, dibantu relawan tanggap bencana segera memblokade penyebaran api. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun kerugian materil tak bisa dihindari.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button