Balikpapan

Proyek Kilang Balikpapan Diapresiasi

Menteri ESDM Arifin meninjau RDMP Balikpapan. (Kementerian ESDM)

BALIKPAPAN, TIMUR MEDIA – MENTERI ESDM, Arifin Tasrif meminta penuntasan proyek pembangunan Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang RU V Balikpapan, dikebut.

Proyek Kilang Balikpapan satu dari empat kilang yang diproyeksikan bisa meningkatkan kapasitasnya.

Saat meninjau lokasi proyek pembangunan RDMP RU V Balikpapan, Kaltim pada Jumat (8/11), Arifin memberi apresiasi.

Ia menyampaikan apresiasi atas capaian proyek. Sekaligus menekankan pentingnya project monitoring and controlling. Tetapi tetap menjaga keselamatan kerja dan memperhatikan kemampuan karyawan.

“Bekerja itu harus cermat, jangan ragu mencari mitra yang bisa mendukung tercapainya hasil tersebut dengan re
risiko yang bisa kita kendalikan,” pesan Arifin.

Ia berpesan juga, “Program-program investasi yang massif itu kita bisa, selain memikirkan kemampuan finance juga man power kita.”

Dalam peninjauan itu, Arifin didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral, Ego Syahrial dan Plt. Direktur Jenderal Minyak Dan Gas Bumi, Djoko Siswanto.

Ia mengingatkan manajemen Pertamina harus dapat berkomunikasi dan memberi motivasi kepada para kepala proyek. Tujuannya agar kegiatan di lapangan dapat berjalan lancar.

Pemerintah, kata Arifin, sangat mendukung sepenuhnya langkah-langkah dari sektor di bawah Pertamina.

Tetapi diingatkan pula, dengan kecepatan target yang dicapai penting untuk diperhatikan. Karena sekali kejadian, setback-nya menghasilkan loses yang cukup besar.

“Jadi sering-sering lah manajeman melakukan kunjungan langsung ke lapangan,” kata Arifin, memberi penekanan.

Proyek RDMP Kilang Balikpapan selain meningkatkan kapasitas kilang 100.000 barrel per day. Nantinya juga mendongkrak kualitasi produk BBM. Dari setara Euro II menjadi setara Euro V.

Proyek dengan nilai investasi 6,5 miliar dolar AS, ini diperkirakan menyerap sekitar 15 ribu tenaga kerja. Ada pula tambauan sekitar 800 orang, saat kilang sudah beroperasi.

Senior Manager Start Up & Commissioning – RDMP RU V Balikpapan, lbin Ginting menambahkan, saat ini progress proyek pembangunan Kilang Balikpapan telah mencapai sekitar 7,8%.

Ia berharap kilang dapat beroperasi tak sampai lima tahun ke depan. “Pencapaian tersebut sudah melebihi target,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat, (8/11).

Ditambahkan Ibin, “Kita harap bulan Juli 2023 sudah dapat beroperasi,” jelasnya.

Report: Hendra Anawarkarisma
Editor: Doni Heru

Most Popular

To Top