Penajam Paser Utara

Prioritas PPU 2022

Report: Rob I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Muliadi, memaparkan sejumlah target yang menjadi prioritas bagi daerah ini untuk tahun 2022.

Saat membuka rapat virtual forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2022, ia meminta jajaran pemerintahan di PPU agar fokus pada rancangan awal RKPD 2022.

“Kepada kepala perangkat daerah, saya minta untuk memberi perhatian penuh pada pelaksanaan forum konsultasi publik ini. Forum ini wadah memberi gambaran penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2022, yang menjadi benang merah dalam pelaksanaan kegiatan tahun depan,” ujarnya.

Ia merinci, prioritas pembangunan daerah yang tercantum dalam rancangan awal RKPD Kabupaten PPU tahun 2022 yaitu, penyediaan air minum dan sarana prasarana penyehatan lingkungan, peningkatan layanan pendidikan dan kesehatan, pendampingan terhadap Lembaga Kemasyarakatan dan kelompok usaha ekonomi pedesaan.

“Selanjutnya, pembangunan sarana dan prasarana pendukung pemerintahan serta infrastruktur penting lain,” ujarnya, Selasa, 2 Februari 2021. Selain itu, pengembangan dan hilirisasi produk unggulan, optimalisasi program penunjang peningkatan pendapatan daerah dan recovery sosial-ekonomi paska korona, serta pemulihan ekonomi paska pandemi.

Ia juga mengajak merapatkan barisan bekerja bersama demi Kabupaten PPU yang maju, modern dan religius. “Penyusunan RKPD Kabupaten PPU tahun 2022 juga perlu dilakukan secara efektif, berkualitas dan lebih produktif,” tegasnya.

Sebagai konsekuensinya, lanjut Muliadi, dibutuhkan komitmen seluruh stakeholder pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat untuk mendukung pencapaian target pembangunan.

Pelaksanaan forum konsultasi publik ini untuk memenuhi tahapan penyusunan RKPD sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) serta tata cara perubahan RPJMD, dan RKPD.

Ia menyampaikan rancangan awal RKPD Kabupaten PPU tahun 2022, disusun berdasarkan arah kebijakan pembangunan daerah dengan mengacu dokumen RPJMD Kabupaten PPU tahun 2018-2023.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button