Internasional

Presiden Tanzania Tuding Vaksin Korona Bahaya

Magufuli juga meragukan alat tes Covid-19.

Report: Maya I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Presiden Tanzania John Magufuli menuding vaksin korona berbahaya bagi penerimanya. Magufuli mendesak warganya melindungi diri dari korona dengan menggunakan tindakan tradisional termasuk menghirup uap.

Dilaporkan Aljazeera, ia sejak lama meremehkan keampuhan vaksin Covid-19 yang disuntikan pada warga di pelbagai negara. Magufuli juga pernah mempertanyakan kemanjuran tes Covid yang menunjukan pepaya dan kambing positif.

Magufuli juga menolak memberlakukan lockdown ketat. Ia belum menerbitkan statistik resmi Covid-19 selama lebih dari enam bulan. Namun, warga negaranya justru bebas seperti kondisi normal laiknya di Wuhan, Cina.

Ia pun malah mewanti-wanti tentang vaksin korona yang mulai disuntikan di beberapa negara. “Vaksinasi berbahaya.  Jika orang kulit putih datang dengan vaksinasi, vaksinasi untuk AIDS akan ditemukan, vaksin untuk tuberkulosis juga dapat menghilangkannya sekarang, vaksin Malaria akan ditemukan;  vaksin untuk kanker juga mungkin sudah ditemukan sekarang,” ujar Magufuli dalam pidatonya, Rabu 27 Januari 2021.

Bahkan, Magufuli mendesak Kementerian Kesehatan setempat untuk berhati-hati dengan vaksin yang dikembangkan luar negeri. Menurut WHO, Tanzania melaporkan 509 infeksi korona.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button