AdvPenajam Paser Utara

PPU Terbitkan 37 Ribu Kartu Identitas Anak

KIA menjadi bukti identitas resmi anak yang umurnya 0-17 tahun.

Report: Teguh I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Pemerintah Penajam Paser Utara melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, telah menerbitkan sekitar 37 ribu Kartu Identitas Anak, KIA. Hal ini diutarakan Kepala Disdukcapil Kabupaten PPU, Suyanto, Jumat 20 November 2020.

Menurut Suyanto KIA berlaku bagi anak yang masih berusia di bawah 17 tahun. Proses penerbitan KIA terus berjalan dengan memproses puluhan kartu per hari.

“Pelayanan untuk KIA masih terus berjalan, minimal ada sekitar 20 hingga 30 KIA yang dicetak per hari,” kata Suyanto, Jumat.

Sejak munculnya kebijakan Peraturan Menteri Dalam Negeri ihwal KIA di awal 2019, pihak Disdukcapil PPU telah menerbitkan puluhan ribu kartu. “Sampai saat ini sudah diterbitkan sekitar 37 ribu kartu dari 52 ribu anak yang wajib memiliki KIA,” jelasnya.

Kebijakan KIA yang dikeluarkan pemerintah bagian dari program kepemilikan ID card anak yang telah dilaksanakan secara nasional. KIA menjadi bukti identitas resmi anak yang umurnya 0-17 tahun.

“Kartu ini berlaku seperti KTP orang dewasa umumnya,” papar Suyanto. KIA diterbitkan dalam dua ragam, yakni variasi anak dari usia baru lahir atau 0 hingga umur lima tahun dan anak yang usianya 5-17 tahun.

Jangka waktu berlaku pada kartu-kartu ini juga berbeda. Untuk anak yang umurnya masih di bawah lima  tahun, masa berlakunya akan habis saat usianya mencapai lima tahun. Sedangkan bagi anak yang umur di atas lima tahun, jangka waktu aktif kartu akan selesai sampai si anak kurang satu hari berusia 17 tahun.

“Kalau anak Anda berulang tahun ke-17, maka KIA ini secara otomatis akan diubah jadi KTP. Sebab nomor dalam kartu ID anak akan sama dengan nomor yang nantinya ada di kartu tanda penduduk anak Anda,” terangnya.

Pemberlakuan Kartu Identitas Anak ini sebagai usaha pemerintah memenuhi hak konstitusi rakyatnya dengan membuat dan menjalankan program identitas anak.

Adapun dokumen yang perlu dilengkapi para orangtua agar anaknya dapat memiliki KIA, antara lain, saat bayi atau anak baru lahir KTP Anak akan diberikan bersamaan dengan dikeluarkannya akte kelahiran bayi.

 

Sedangkan untuk anak usia kurang dari lima tahun dan belum membuat KIA, syarat yang disiapkan adalah: Kartu Keluarga asli orang tua atau wali, fotokopi akta kelahiran bila perlu tunjukan akta asli, serta KTP asli orang tua atau wali. Selain itu perlu membawa pas foto anak berwarna dua lembar dengan ukuran 2×3. *Adv

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button