Penajam Paser Utara

PPU Kembangkan Wisata Goa

Goa Batu masih sangat alami.

Report: Roben I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Ghafur Mas’ud, mengemukakan pihaknya segera mengembangkan wisata alam goa. Destinasi wisata ini berada di Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku, kawasan yang menjadi ring 1 calon ibu kota baru.

“Saya akan jadwalkan kemping di goa itu dan mungkin menginap beberapa malam untuk memastikan fasilitas apa saja yang perlu dibangun di sana,” ujar Bupati Abdul Gafur Mas’ud, yang karib disapa AGM, Jumat, 26 Februari 2021.

AGM berkeinginan sebelum ibu kota baru resmi berpindah, di Sepaku telah disiapkan sejumlah destinasi wisata. “Sehingga ketika tahun 2024 ibu kota baru benar-benar pindah ke Sepaku, maka penduduk baru yang diperkirakan sebanyak 1,5 juta orang tidak kesulitan mencari destinasi wisata,” jelasnya.

Ia juga meminta pihak segera mengembangkan pariwisata yang sudah ada di PPU. Seperti wisata pantai, pedalaman, bahari, dan lainnya agar wisatawan memiliki banyak pilihan. Selama ini di Penajam hingga Babulu memiliki potensi varian jenis wisata.

Wisata alam Goa di Desa Wonosari Sepaku, berupa Goa Batu Tapak Raja Buen Kesong. Belum banyak wisatawan yang mengunjungi goa ini lantaran belum dipromosikan secara gencar oleh pemerintah desa setempat. Sejauh ini destinasi wisata goa juga masih sangat alami dan belum ada fasilitas pendukung apapun, baik toilet, tempat ibadah, maupun lampu dalam goa.

AGM mengatakan selain akan mengunjungi Goa Batu Wonosari, ia akan berkunjung ke destinasi wisata lain yang masih di Kecamatan Sepaku, yakni Bukit Embun dan Danau Banyu Bening di Desa Semoi Dua. Dua objek wisata di Desa Semoi Dua ini dekat dengan objek wisata Bukit Bengkirai di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kepala Desa Semoi Dua Hadi Muntoro, saat di depan Bupati AGM mengatakan Bukit Embun dan Danau Banyu Bening akan dilakukan interkoneksi dengan sejumlah lokasi wisata terdekat, sehingga ia minta dukungan perbaikan jalan dan pembukaan badan jalan.

Menurutnya dari Bukit Bengkirai, wisatawan bisa langsung ke Bukit Embun dan Danau Banyu Bening, kemudian memotong jalan menuju Goa Batu Tapak Raja, lantas terkoneksi ke wisata mangrove Mentawir.

“Jalan pendekat dari Bukit Embun ke Goa Batu inilah yang perlu dibuka,” ujarnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button