Kaltim

PPU Terima Bantuan 5.000 PJU

2019

Asisten II Sekertariat Kabupaten PPU Ahmad Usman

TimurMedia.com:

TIMUR MEDIA – Dalam waktu dekat, setiap desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan terang benderang.

Sebabnya, Kabupaten PPU kembali mendapat bantuan hibah sosial berupa Penerangan Jalan Umum (PJU) dan Power Cell dari dua pengelola sekaligus pada akhir tahun 2019 ini. Hal tersebut diungkapkan Asisten II Sekertariat Kabupaten PPU Ahmad Usman, Senin, 25/Nov/2019.

“Alhamdulillah Kabupaten PPU di 2019 ini kembali memperoleh bantuan hibah sosial berupa PJU dan Power Cell dari dua pengelola sekaligus, masing-masing ada sebanyak 1500 titik PJU dan 3100 Power Cell yang merupakan bantuan hibah sosial bersumber dari Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GNT).

Kemudian ada 3500 titik PJU dan PJL yang merupakan bantuan hibah sosial dari PT. Insa Riski untuk PPU, “kata Ahmad Usman.

Dikatakan Ahmad Usman, seluruh bantuan hibah sosial ini nantinya akan diperuntukkan keseluruh desa dan kelurahan yang ada di PPU. Dengan jumlah bantuan yang ada tersebut, diperkirakan masing-masing desa dan keluran yang ada akan memperoleh bantuan penerangan hingga 100 titik PJU.
Kemudian PJU ini nantinya tambah Ahmad Usman, akan dipasangkan pada titik-titik teramai atau wilayah yang memang sering dilalui oleh masyarakat setempat, seperti pada gang jalan, tempat ibadah dan dsebagainya.

“Titik-titik yang menjadi prioritas pemasangan PJU di kelurahan dan desa ini adalah seperti wilayah-wilayah yang rawan kejahatan-kejahatan sosial, rawan jambret dan sebagainya. Kemudian prioritas juga pada tempat-tempat ibadah yang ada di desa dan kelurahan seperti Masjid, Mushala, Gereja dan sebagainya. Dengan demikian Indonesia terang, Desa terang akan mendukung program PPU bersinar di Kabupaten PPU, “ jelas Ahmad Usman.

Dirinya juga berharap dukungan langsung Pemerintah Daerah Kabupaten PPU melalui Dinas tehnis terkait tentang bagaimana penempatan yang tepat, minimal jarak yang ada sejauh 50 meter antara PJU satu dengan lainnya.

Selain itu Ahmad Usman juga berharap pihak kecamatan dan kelurahan agar segera mungkin dapat melakukan koordinasi terkait penentuan titik-titik mana saja di wilayah mereka yang tepat menjadi titik pemasangan PJU tersebut.

“Pemasangan PJU ini nantinya tidak dibagi secara merata dimasing-masing desa dan kelurahan yang ada. Tetapi berdasarkan titik-titik yang memang diperlukan penerangan sesuai kreteria yang ada. Oleh karena itu koordinasi kecamatan dan kelurahan untuk ini sangat kami perlukan,” harapnya.

“Alhamdulillah kita juga sangat bersyukur sekali telah memperoleh bantuan hibah sosial ini. Karena jika menggunakan APBD PPU, jika setiap PJU membutuhkan masing-masing biaya sebesar 20 juta saja, maka dengan jumlah 5 ribu titik bantuan yang ada akan membutuhkan anggaran sebesar 100 Milyar, “ pungkasnya. (humas)

Most Popular

To Top