Politik

Popularitas Basir Mulai Ngacir

Editor: Agung

TIMUR MEDIA – Bendahara NasDem Balikpapan Ahmad Basir, bertekad maju dalam Pilkada 2020.

Sebagai salah satu syarat dari NasDem untuk bisa mendapat rekomendasi, tiap bakal calon diwajibkan menggandeng lembaga survei.

Basir mengatakan, hasil survei yang diperolehnya sempat mengejutkan dirinya. Ia yang selama ini dianggap anak bawang dalam perpolitikan Balikpapan, berada dalam urutan tiga besar di survei itu.

“Survei dilakukan lembaga Pusdiham,” jelasnya Kamis 9/ Jan/2020. Lembaga ini salah satu yang bekerjasama dengan DPP NasDem. Dalam survei itu, urutan pertama dipegang petahana Rahmad Mas’ud.

Urutan kedua, Heru Bambang. “Saya ada di urutan ketiga untuk tingkat elektabilitas. Sedangkan tingkat popularitas berada di urutan keempat,” katanya.

Salah satu sumber TIMUR, menyebut Ahmad Basir digadang-gadang bakal mendapat rekomendasi dari DPP NasDem.

Sumber itu mengatakan rekomendasi akan diterbitkan Januari 2020. Namun ia tidak merinci tanggal pastinya. “Ahmad Basir yang akan direkomendasikan untuk Pilkada Balikpapan dari NasDem,” ujar politisi di Jakarta, yang enggan disebut namanya.

Tetapi saat memverifikasi informasi ini pada Ahmad Basir, ia tidak mengamini. Tidak pula menampiknya. Basir hanya mengakui kerap melakukan komunikasi politik dengan pengurus DPP NasDem dan berdiskusi terkait Pilkada 2020.

“Belum ada rekomendasi itu, saya malah baru tahu. Teman-teman media yang lebih tahu,” elak Basir.

Ia kemudian mengatakan, “Rencananya pekan depan baru mau ke Jakarta untuk ke DPP NasDem. Ehh keceplosan, maksudnya mau ke Jakarta untuk liburan,” ujar Basir menutup bibirnya, sambil buru-buru meralat ucapannya.

Saat ditegaskan lagi soal kepergiannya ke Jakarta apakah terkait rekomendasi, Basir hanya tersenyum. “Saya aminkan saja,” tuturnya, melempar senyum.

Kala ditanya soal informasi kedekatannya dengan keluarga dan lingkaran Surya Paloh, Basir kembali melempar senyum. “Pak Surya Paloh kan pimpinan NasDem, pasti dekat dengan semua orang,” jawab Basir, berdiplomasi.

Basir hanya mengamini adanya komunikasi politik dengan Nahkoda NasDem itu. Meski sampai hari ini belum ada SK rekomendasi dari DPP NasDem, namun ia yakin partai besutan Surya Paloh ini akan mendukungnya.

Ia mengakui meski nantinya dipilih DPP NasDem, namun dengan tiga kursi di DPRD Balikpapan belum bisa melenggang mulus.

Sebab masih dibutuhkan tambahan enam kursi lagi untuk bisa maju di ajang Pilkada Balikpapan. Tetapi Basir mengklaim telah mendapat dukungan penuh dari tiga partai lain, yakni PPP, Hanura dan Perindo.

“Sudah ada dukungan dari partai-partai di Faksi Naspehando (Nasdem, PPP, Hanura dan Perindo),” ujar Basir, sambil menunjukan surat dukungan bermaterai itu.

Kendati demikian ia tak ingin jumawa. Baginya politik itu dinamis. Segala kemungkinan bisa terjadi. “Masih panjang waktunya, semua hal bisa terjadi dalam politik,” kata Basir.

Nama Ahmad Basir perlahan tapi pasti mulai dikenal warga Balikpapan. Pengusaha yang membawahi ratusan karyawan ini popularitasnya mulai ngacir. Namanya mulai melesat. Masuk dalam pelbagai survei.

Meski di atas kertas calon petahana masih diunggulkan dalam pelbagai survei, namun Basir mengaku tidak khawatir. “Saya lebih baik dianggap remeh tapi punya banyak strategi, daripada diunggulkan tapi malah jumawa,” kata Basir.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close