Nasional

Polisi Tetapkan Habib Rizieq Tersangka Kerumunan

Tidak semua bentuk kerumunan dipermasalahkan.

Report: Ryan I Editor: Janu

TIMUR MEDIA – Polisi menetapkan Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab sebagai tersangka dalam perkara kerumunan di Petamburan, ketika menghelat pernikahan putrinya, beberapa waktu lalu. Di kasus ini Habib Rizieq disangkakan pasal 160 dan pasal 216 KUHP.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, menjelaskan kepada wartawan, dari hasil gelar perkara ada enam orang ditetapkan tersangka.

Mereka adalah, “Penyelenggara acara Rizieq Shihab (MRS), Sekretaris panitia saudara A, panitia HU, saudara MS sebagai penanggung jawab keamanan,” ujarnya, Kamis 10 Desember 2020.

Tersangka lainnya, saudara HI kepala seksi acara dan SL selaku penanggung jawab acara.

Kasus kerumunan di Petamburan itu sebelumnya telah naik ke tingkat penyidikan sejak beberapa waktu lalu. Polisi menduga ada unsur pidana terkait Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Pasal 216 KUHP.

Di akhir November, polisi juga telah menjadwalkan gelar perkara namun batal lantaran penyidik masih memerlukan keterangan sejumlah pihak. Namun, Habib Rizieq dinilai telah dua kali mangkir.

Sebelumnya, banyak pihak yang menanyakan adanya indikasi perbedaan perlakuan soal kerumunan. Dari kerumunan beberapa kali unjuk rasa sampai kerumunan di masa kampanye Pilkada. Termasuk kerumunan saat kampanye putra Jokowi, Gibran. Namun, dari banyaknya kerumunan itu hanya kerumunan di Petamburan yang terus dipermasalahkan. Sedangkan kerumunan yang lain, dinilai tidak menyalahi aturan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button