Mozaik

Pesan Abah Guru Sekumpul soal Anak

Report: Maya I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Ada banyak pesan-pesan mendalam dari Abah Guru Sekumpul, terutama terkait mendidik anak. Pesan-pesan itu sampai kini terus diabadikan umat Muslim, dengan menyebarkannya di pelbagai sumber. Sedikitnya ada enam hal yang patut diperhatikan para orangtua agar bisa mencetak buah hati sesuai yang diharapkan.

Pertama, jangan sering membuat anak-anak menangis. Kalau anak sering menangis atau bersedih, maka otaknya akan sempit sehingga bisa menganggu proses perkembangan daya pikir dan kecerdasannya. “Buatlah anak-anak kita selalu gembira,” pesan Abah Guru Sekumpul.

Kedua, Abah Guru mengingatkan jika anak kecil itu seperti Waliyullah. Mereka masih suci dan tidak pernah berbuat dosa. Jika anak sering terserang penyakit, ada alasan kenapa demikian. Hal itu bisa disebabkan karena sang anak memikul dosa orangtuanya yang belum bertaubat kepada Allah Ta’ala. “Sebaiknya kita perbanyak taubat kepada Allah SWT dan banyak banyak mengingat Allah,” ingat Abah.

Ketiga, anak jangan sering dipuji dengan pujian yang berlebihan. Boleh dan dianjurkan memuji, tapi tidak berlebihan. Sebab, pujian berlebihan bisa membuat anak menjadi sombong.

Abah Guru Sekumpul juga memberi nasihat bagi siapapun yang mendambakan anaknya menjadi anak shaleh. Di antaranya, ada lima hal yang perlu diperhatikan.

  1. Carilah pekerjaan yang halal agar keluarga mendapat berkah.
  2. Arahkan anak-anak ke sekolah agama agar memiliki pondasi yang kuat. Carikan guru yang jelas sanadnya, bagus akhlaknya dan luas keilmuannya karena anak anak akan mengikuti gurunya.
  3. Jagalah makanan mereka agar benar-benar bersumber dari yang halal.
  4. Carikan pergaulan mereka dengan teman-teman yang baik. Lingkungan sangat memengaruhi tumbuh kembang anak-anak.
  5. Kenalkan dan cintakan serta bawa anak-anak ke orang-orang shaleh.
  6. Doakan terus menerus dengan doa yang baik-baik. “Mudah-mudahan jadi anak yang shaleh sambil bertawasshul kepada wali-wali dengan berkat wali mudahan anakku jadi wali.”

Abah Guru Sekumpul telah banyak memberi amalan-amalan tentang hal-hal kebaikan kepada umat. Semoga kita termasuk orang-orang yang mau mengamalkan apa yang telah di wasiatkan Guru Sekumpul. Semoga pula anak turun kita akan menjadi anak-anak yang alim, shaleh dan shalehah yang kelak akan dikumpukan di akhirat bersama Rasulullah SAW, Para ulama’ dan auliya’.

Aamiin Allahumma Aamiin.

I Pelbagai Sumber

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button