Balikpapan

Pengidap HIV di Balikpapan Tembus Ribuan

TIMURMEDIA.COM – Jumlah pengidap Human Immunodeficiency Virus atau HIV di Balikpapan, tembus angka ribuan.

Pengidap HIV di Kota Minyak ini tiap tahun terus bertambah. Data dari tahun 2005 sampai tahun 2019 berjalan ini, jumlah kumulatif pengidap HIV mencapai 2.308 orang.

“Itu jumlah dari tahun 2005 sampai Mei ini,” jelas Kasi Pencegahan dan Pengedalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Balikpapan, dr. Dewa, belum lama ini.

Menurutnya, tiap tahun sejak tahun 2005 hingga tahun 2019 ini, terdapat penambahan jumlah pengidap HIV.

“Tahun 2017 saja ada 371 orang yang terjangkit HIV. Tahun 2018, ada 323 orang,” jelasnya.

Pada periode Januari-Mei 2019, warga yang terdeteksi mengidap virus menular itu berjumlah 258 orang.

Rinciannya, laki-laki 159 orang dan 38 di antaranya telah masuk ke fase AIDS. Sedangkan perempuan sebanyak 99 orang, 36 di antaranya masuk fase AIDS.

Dewa mengatakan, beberapa tahun terakhir mayoritas kasus HIV disebabkan karena perilaku seks bebas. 

“Ada pergeseran tren. Kalau dulu, penyebaran HIV itu banyak disebabkan karena penggunaan jarum suntik. Sedangkan sekarang ini, lebih banyak seks bebas,” jelasnya.

Di Balikpapan terdapat sejumlah fasilitas VCT atau Voluntary Counseling and Testing. VCT ini layanan bagi mereka yang ingin berkonsultasi seputaran penyebaran HIV serta melakukan tes HIV secara gratis.

Layanan itu disediakan di Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo, Rumah Sakit Tentara dr. Hardjanto, RSUD Beriman Balikpapan, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Puskesmas Prapatan, Puskesmas Baru Tengah dan Puskesmas Manggar. 

Penulis: Maya Astuti
Editor: Abi Kurniawan

Most Popular

To Top