Balikpapan

Penerbangan Haji dari Embarkasi Balikpapan Disiapkan 1.915 KL Avtur

TIMURMEDIA.COM – Calon jamaah haji tahun 2019 yang diterbangkan dari Embarkasi Balikpapan sekitar 6.737 jamaah.

Untuk kebutuhan penerbangan haji tersebut, Pertamina telah menyediakan hingga 1.915 Kilo Liter avtur. Jumlah itu lebih banyak 10 persen dibanding penerbangan haji tahun lalu.

Demikian disampaikan Humas Pertamina Kalimantan Heppy Wulansari, Selasa, 9/7/2019.

Pertamina, lanjut Heppy, juga mempersiapkan avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara yang dioperasikan di Bandara Sepinggan.

Ia menjelaskan, tiga tangki berkapasitas masing-masing 500 ribu liter dipastikan selalu penuh.

“Untuk mengisi bahan bakar ke pesawat udara ada tujuh refueller atau truk-truk tangki kapasitas 20 ribu liter yang dilengkapi pompa khusus,” jelasnya.

Selain itu, puluhan teknisi dan operator terkait juga siaga selama 24 jam. Terkait kebutuhan konsumsi avtur atau bahan bakar pesawat udara disediakan menurut pergerakan pesawat yang sudah terjadwal.

“Tahun ini, jamaah calon haji dari embarkasi Balikpapan transit dulu di Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten, atau di Bandara Minangkabau di Sumatera Barat. Dari sana baru menuju Jeddah atau Madinah di Arab Saudi,” jelasnya.

Ia merinci, fase keberangkatan awal yang berlangsung dari 20 Juli sampai 4 Agustus 2019, konsumsi avtur diprediksi hingga 487 KL. Untuk fase kepulangan dari 30 Agustus sampai 15 September 2019, diprediksi konsumsi avtur sebanyak 1.430 KL.

“Fase II mengonsumsi lebih banyak sebab pesawat yang baru mengantar jamaah pulang segera berangkat kembali untuk menjemput kloter berikutnya,” terang Heppy.

Lanjut Heppy, Garuda Indonesia menjadi penerbangan yang tetap melayani transportasi jamaah haji dari Tanah Air ke Tanah Suci.

Jumlah jamaah calon haji yang berangkat dari embarkasi Balikpapan mencapai 6 ribu orang, berasal dari 4 provinsi, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara.

Para jamaah dibagi ke dalam 15 kloter dengan jumlah rata-rata per kloter 450 jamaah.

Penulis: Maya Astuti
Editor: Basir Daud

Most Popular

To Top