NEWS

Peneliti Oxford: Korona Tak Butuh Vaksin

Korona dinilai akan hilang sendirinya dan akan menjadi pandemi seperti flu.

Report: Ryan I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Banyak pihak selama pandemi korona mengharapkan kehadiran vaksin. Namun, pembuatan vaksin untuk Covid-19 dinilai tidak penting oleh Profesor Sunetra Gupta. Peneliti Oxford University ini menegaskan korona akan hilang dengan sendirinya tanpa butuh vaksin.

Dilansir laman Times of India, Profesor Sunetra Gupta, menilai meski banyak studi dilakukan untuk pembuatan vaksin, tapi Covid-19 hanya akan menjadi pandemi lainnya seperti flu.

“Dan kita tidak akan butuh sesuatu yang khusus untuk hal yang sama,” tegasnya. Professor Sunetra saat berbicara kepada sebuah agensi media juga menegaskan, bahwa korona hanya akan berbahaya pada mereka yang masuk dalam kategori berisiko tinggi.

“Sedangkan mereka yang sehat, bisa sembuh dengan cepat. Apa yang kami sudah lihat pada orang yang normal, sehat, yang bukan lansia atau lemah atau tidak punya komorbiditas. Virus ini bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan lebih dari kita khawatir terhadap flu,” tegasnya.

Professor Suntera juga mengatakan dengan vaksin meski nantinya digunakan, idealnya harus digunakan pada mereka dengan imunitas rendah atau mereka yang masuk dalam kelompok rentan.

Terkait pembatasan wilayah, ia menilai kebijakan itu bukanlah solusi permain non-farmasi untuk melawan pandemi. Pernyataan profesor itu mungkin sejalan dengan apa yang WHO sebutkan sebulan lalu.

Meski WHO sudah mengakui pembangunan yang cepat di garda depan dunia, seorang pejabat WHO dari kesehatan tubuh pernah mengatakan bahwa vaksin yang siap untuk diberikan ke publik mungkin memakan waktu 4-5 tahun. Pejabat itu juga mengatakan adalah salah jika bergantung pada vaksin saja.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button