Bencana Alam

Pencarian Korban Semeru Terkendala Pasir Panas

Pencarian Korban Semeru Terkendala Pasir Panas

Report: Taufik I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Komandan Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru, Kolonel Infanteri Irwan Subekti menyatakan, kondisi pasir dan tanah yang masih panas membuat tim evakuasi sulit menemukan korban erupsi, di Lumajang, Jawa Timur.

Menurutnya situasi lereng Semeru masih dalam kondisi yang belum terkendali, sehingga pencarian korban masih terkendala.

“Tim mengalami kendala yang sangat berat karena sampai dengan saat ini pasirnya, tanahnya itu masih kondisi panas,” ujarnya, dalam konferensi pers daring. Situasi di lereng Semeru masih menunjukkan adanya peningkatan tanda yang perlu waspada tinggi.

Danrem 083/Baladhika Jaya ini menambahkan, situasi pencarian makin dipersulit dengan lahar panas yang setiap saat dapat mengalir dari atas. Hal itu terpantau dari kepulan asap di Sungai Kobokan.

Karena itu untuk mewaspadai hal tersebut, Irwan memerintahkan satuannya untuk melakukan pencarian dengan cara manual dan alat berat. Hal lain yang menjadi kendala adalah kontur tanah berpasir yang masih dalam kondisi panas. Sehingga jadi alat berat juga sulit dijalankan.

“Pencarian ke depan kita optimalkan manual, dengan penciuman penglihatan dengan memanfaatkan masyarakat sekitar dengan menunjukkan apakah ada kerabat yang belum ditemukan,” jelasnya.

Pihaknya akan memprioritaskan penyisiran di dua titik, yakni Lenteng dan Curah Kobokan. Dikatakan daerah tersebut merupakan yang terparah dan kemudian masih ada yang belum ditemukan sehingga akan dilakukan pencarian di lokasi tersebut.

I BST

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button