Pemerintah Kabupaten PPU

Pencaker PPU Minim Sertifikasi

910 pemilik kartu kuning belum mendapat pekerjaan.

Report: Roben I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Kepala Bidang Penempatan Pelatihan dan Transmigrasi Disnakertrans Kabupaten Penajam Paser Utara, Abdul Muhid, mengungkapkan salah satu kekurangan para pencari kerja atau pencaker di PPU terkait sertifikasi kompetensi.

Dengan kekurangan ini banyak yang belum bisa memenuhi persyaratan. “Pada lowongan pekerjaan posisi tertentu, banyak pencari kerja yang tidak memenuhi kualifikasi pendidikan dan sertifikasi kompetensi,” beber Abdul.

Sayangnya, Pemerintah PPU memiliki keterbatasan anggaran. Sehingga, lanjutnya, pihak Disnakertrans belum dapat memberi pelatihan kepada tenaga kerja lokal. Saat ini untuk memberi pelatihan masih menanti program kementerian, karena tahun-tahun sebelumnya kementerian membuka pendidikan dan pelatihan.

“Disnakertrans Kabupaten Penajam Paser Utara juga mencari informasi terkait program pelatihan gratis yang dilakukan Balai Latihan Kerja,” jelasnya.

Menurut Abdul Hamid, pihaknya mencatat ada sekitar 1.185 pencari kerja yang membuat kartu kuning pada 2020. “Data sampai akhir 2020 tercatat 1.185 pencaker terdaftar di Disnakertrans,” jelasnya. Data itu terekam dari Januari sampai Desember 2020.

Dari 1.185 pencaker yang terdaftar memiliki kartu kuning, sebanyak 275 telah bekerja, sisanya atau 910 orang lain belum bekerja.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button