Balikpapan

Penataan Taman Balikpapan Makin Menakjubkan

Taman Bekapai di jantung kota Balikpapan, terlihat lebih memukau di malam hari. (dok)

Report: Hendra| Editor: Doni

TIMUR MEDIA – BALIKPAPAN sebagai kota penyangga ibu kota baru, terus berbenah diri. Taman-tamannya dibuat lebih memesona.

Pemkot Balikpapan melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim), melakukan gebrakan. Membangun dan merawat taman makin menakjubkan.

Taman-taman di Balikpapan dilakukan perbaikan dan penataan untuk dikembangkan lebih ciamik.

Sejumlah taman di kota ini juga dihiasi lampu-lampu dan kursi, sehingga terlihat cantik dan indah. Membuat warga betah berada di dalamnya.

Kabid Pertamanan dan Pemakaman Dispekrim Balikpapan, Hairul Ilmi, mengatakan ada sejumlah taman yang dilakukan penataan.

Di antaranya, Taman di RSS Damai III Jalan Ruhui Rahayu, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan. Taman Tiga Generasi Balikpapan Selatan.

Serta Taman di sekitar Masjid At-Taqwa Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota dan sejumlah taman lainnya.

Tak hanya taman yang diperindah, tapi drainasenya juga diperbaiki.

“Masih ada beberapa taman yang saluran drainasenya perlu dibenahi,” ujarnya. Begitu pula pemeliharaan sisi jalan sekitar taman.

Menurut Hairul, pihaknya juga tengah mengkaji pembuatan pagar tanaman. Rencananya pagar taman tak dibuat dari besi.

“Kami mengusulkan pagar bukan dari besi, tapi pagarnya dibuat dari tanaman,” tutur Hairul. Nantinya akan ditata ulang.

Anggarannya sekitar Rp 1,5 miliar lantaran dilakukan pemeliharaan sisi jalan. Sedangkan untuk taman sekitar Masjid At Taqwa sekitar Rp 300 juta.

Anggaran tersebut diguyur dari APBD Balikpapan. Termasuk biaya untuk menempatkan pelbagai tanaman dengan corak warna yang memikat.

“Kami tata lagi, dua sisi jalan kami beri tanaman, lampu-lampu, dan kursi-kursi.”

Diharapkan penataan taman bisa menjadi role model taman di jalan-jalan protokol. Seluruh pengerjaan itu ditarget bisa selesai akhir tahun.

Make over taman di Balikpapan dilakukan untuk lebih memperindah tata kota. Seperti taman Bekapai, yang saat malam hari begitu sedap dipandang mata.

Pembangunan, perbaikan, penataan, dan perawatan taman memang membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Bahkan, dalam dokumen Rekapitulasi Rancangan Pagu Indikatif KUA/PPAS Tahun Anggaran 2020, yang diperoleh TIMUR MEDIA, belanja langsung dinas ini sebesar Rp 39 miliar.

Khusus program pengelolaan ruang terbuka hijau, ada tiga item.

Yakni, program perencanaan pembangunan/ peningkatan taman kota ploting anggarannya sebesar Rp 400 juta. Program peningkatan dan pemeliharaan taman kota diploting senilai Rp Rp 13,7 miliar.

Sedangkan program peningkatan sarana dan prasarana pembibitan tanaman hias, anggaran yang diposkan sebesar Rp 4,3 miliar.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button