Kaltim

Pemprov Lanjutkan Bansos Korona

Report: Yoyo I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Pemerintah Kaltim kembali melanjutkan penyaluran bantuan sosial masyarakat terdampak korona, untuk tahun ini. Program ini sempat tertunda di penghujung tahun 2020 dikarenakan masalah verifikasi data warga penerima bantuan.

Asisten I Sekprov Kaltim, Mohammad Jauhar Efendi menjelaskan, kendala verifikasi data sempat dihadapi Pemerintah Kaltim pada tahun lalu. Akibatnya, tidak semua bantuan dapat disalurkan. Salah satu kendalanya mengedepankan proses kehati-hatian agar tidak ada data ganda.

“Prinsipnya tidak boleh data ganda, untuk itu perlu kehati-hatian. Tahun lalu Pemprov dianggap lamban, padahal kami harus teliti agar tak ada data warga ganda menerima bantuan,” ujar Jauhar, Rabu 6 Januari 2021. Kini, pihaknya kembali melakukan pembaruan data warga calon penerima bansos tahun 2021.

“Pendataan dilakukan melalui Dinas Sosial Kaltim,” jelasnya. Jauhar menyampaikan bantuan yang akan diberikan masih sama seperti tahun lalu, yakni sebesar Rp 250 ribu per bulan yang diberikan langsung selama tiga bulan.

“Program ini tetap Rp 250 ribu, selama tiga bulan,” jelasnya. Saat ini total data yang masuk ada 60 ribu warga yang akan diverifikasi Dinsos Kaltim.

“Data lama akan kami cek ulang untuk program tahun ini,” tuturnya. Ia belum bisa memastikan kapan program bansos ini akan mulai berjalan. Namun, tahapan pemeberian bantuan segera dilaksanakan.

Menurutnya kalau seluruh tahapan sudah dilakukan, bantuan akan dicairkan dengan mekanisme transfer ke rekening penerima bantuan. “Tahapannya kami lihat data tahun 2020, kami update mana yang sudah dapat. Lalu kami lihat data usulan kabupaten/kota, kami cek lagi. Seperti itu,” paparnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button