Kaltim

Pemprov Kaltim Cairkan Bansos untuk Balikpapan

Total penerima bansos di Kaltim ada 140.660 warga.

Report: Yoyo I Editor: Dwi

TIMUR MEDIA – Pemerintah Provinsi Kaltim kembali mencairkan bantuan sosial untuk warga Balikpapan. Pencairan dana bansos dilakukan hari ini, Rabu 15 Juli 2020, yang dikhususkan untuk ribuan warga di Kecamatan Barat. Sebelumnya sebanyak 28 ribu warga Balikpapan telah menerima bantuan serupa yang dibagikan pada bulan Juni.

Pemprov Kaltim sendiri telah menyalurkan dana bantuan untuk 36.185 warga Balikpapan terdampak korona. Pencairan dilakukan melalui Bankaltimra. Masing-masing kepala keluarga mendapat Rp 250 ribu per bulan.

Namun pencairan dilakukan sekaligus untuk tiga bulan. Yakni April, Mei Juni. Sehingga total yang diterima warga sebesar Rp 750 ribu. Total penerima bansos yang diguyur Pemprov Kaltim ada 140.660 warga. Mereka secara resmi terdata sebagai penerima.

Pembagian bantuan kali ini dipusatkan di Gedung Sport Center, yang dipantau langsung Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi. “Bansos yang dibagikan hari ini untuk 1.414 warga Balikpapan Barat,” ujarnya.

Selain bantuan ini, tambah Rizal, Pemerintah Balikpapan masih mengajukan tambahan dana bansos untuk kebutuhan 13 ribu jiwa. “Pengajuan 13 ribu itu, sudah hampir final proses di Biro hukum,” ujarnya.

Menurut Rizal, Pemkot juga mengusahakan penambahan anggaran bantuan di APBD Perubahan. Namun, ia belum bisa memastikannya lantaran tergantung kondisi dompet Balikpapan.

“Mudah-mudahan di APBD Perubahan bisa ditambahkan, tergantung ketersediaan dananya,” tutur Rizal. Pihaknya masih melakukan penghitungan ulang terkait ketersediaan anggaran dan kebutuhan warga.

Ia berharap penambahan dana bansos bisa diwujudkan. “Kita belum tahu lagi situasi pendapatan yang terakhir, kalau memungkinkan kita tambah lagi,” ujar Rizal.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close