Penajam Paser Utara

Pemerintah PPU Peringati Hari Santri

Report: Janu I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menghelat Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2020. Peringatan ini dilakukan dengan sederhana di laman Kantor Bupati PPU, Kamis, 22 Oktober 2020. Upacara diikuti delgasi Santriwan dan Santriwati di PPU.

Dalam memperingati Hari Santri Nasional tahun mengusung tajuk, Santri Sehat, Indonesia Kuat. Isu kesehatan diangkat menyesuaikan kondisi pandemi.

Plh. Sekretaris Daerah PPU, Ahmad selaku Inspektur Upacara mengatakan selain penetapan Hari Santri, santri dan pesantren telah memiliki Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Produk hukum ini memberi afirmasi, rekognisi, dan fasilitas terhadap pesantren. Hal ini semata-mata untuk melaksanakan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, hingga fungsi pemberdayaan masyarakat.

Ia menjelaskan agar UU Pesantren lebih implementatif, Kementerian Agama diberi mandat mempersiapkan regulasi. Yakni, berupa peraturan Presiden tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren serta beberapa peraturan lain dari Menteri Agama.

”Menurut laporan yang saya terima, rancangan Perpres dan Rancangan Peraturan Menteri Agama telah melalui tahap harmonisasi dan uji publik bersama Kementerian/Lembaga dan ORMAS Islam. Ya, mudah-mudahan tidak ada kendala dan segera diundangkan,“ katanya.

Terkait Peringatan Hari Santri tahun ini, lanjutnya, tajuk yang diusung menitikberatkan komitmen bersama dalam mendorong kemandirian dan kekhasan pesantren. “Selamat hari santri. Mari kita kepalkan tangan bersama-sama mengucap, santri sehat, Indonesia kuat,” ujarnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button