Balikpapan

Pemerintah Balikpapan Garap Proyek Drainase

Perbaikan drainase untuk menekan titik banjir.

Report: Taufik Hidayat I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Pemerintah Balikpapan melalui Dinas Pekerjaan Umum mulai menggarap proyek perbaikan drainase. Proyek ini dilakukan untuk melancarkan aliran air yang menggenang di sekitar kantor Polresta Balikpapan.

Kabid SDA dan Drainase PU Balikpapan, Rita menjelaskan proyek peningkatan saluran drainase ini untuk mempercepat aliran air agar sampai ke hilir.  “Selama ini buangan airnya antre. Jadi kita buat alirannya,” papar Rita, Kamis 22 Oktober 2020.

Proyek yang baru berjalan ini baru masuk dalam tahap persiapan pembongkaran badan jalan. Sebagian badan jalan di akwasan Jendral Sudirman atau sekitar persimpangan Plaza Balikpapan tampak telah dibongkar. Beberapa ruas ditutupi seng untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

Menurut Rita, aliran air itu akan ditembuskan sampai ke laut. Pihaknya bekerjasama dengan dinas terkait untuk mengamankan jalur transportasi. Aktivitas proyek peningkatan drainase ini menambah daftar titik lokasi banjir yang kini ditangani pemkot.

Ia menjelaskan pengerjaan proyek penanganan banjir juga dilakukan di jalan Letjen Suprapto, Balikpapan Barat. Termasuk proyek pelebaran drainase di jalan Mayjen Sutoyo, Gunung Malang, Balikpapan Tengah.

Rita memprediksi sebelum awal tahun 2021 seluruh proyek ini tuntas. “Insyallah, Desember sudah selesai semua,” katanya.  Terkait lokasi APBD penanganan banjir, ikut berimbas dengan adanya rasionalisasi anggaran. Akibatnya dana itu dipangkas hingga tersisa sekitar Rp 73 miliar.  Sejumlah proyek pun tertunda.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button