Balikpapan

Pemerintah Balikpapan Beri Keringanan Penghuni Rusunawa

Tarif dipangkas 50 persen

Report: Hendra| Editor: Nina

TIMUR MEDIA – Pemerintah Balikpapan, memberi keringanan pembayaran tarif rumah susun sederhana sewa atau Rusunawa, sebesar 50 persen.

Pemangkasan 50 persen tarif itu berlaku selama masa pandemi korona. Keringanan ditujukan untuk membantu ratusan penghuni Rusunawa yang terdampak kebijakan #Diamdirumah.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, menjelaskan, ada 474 penyewa di sembilan Rusunawa Balikpapan mendapat keringanan pembayaran.

“Harga sewa normal Rusunawa itu Rp 350.000-Rp 460.000. Dengan kebijakan ini, penyewa hanya membayar setengah harga mulai April sampai Juni 2020,” jelas Rizal, Rabu 8 April 2020.

Rizal mengatakan pihaknya mendapat permohonan dari para penyewa karena banyak penyewa yang perekonomiannya terdampak akibat korona.

“Untuk itu, kami juga membuat kebijakan memberi keringanan pembayaran iuran PDAM bagi warga kurang mampu,” tuturnya.

Sebanyak 1.459 pelanggan PDAM di Balikpapan, yang termasuk masyarakat kurang mampu, digratiskan dari iuran mulai April sampai Juni 2020.

Selain itu, anggota TNI dan kepolisian juga digratiskan karena dinilai berperan aktif di lapangan untuk menanggulangi penularan korona.

Rizal berujar untuk pelanggan PDAM yang tergolong mampu, jumlah pembayaran iuran selama pandemi Covid-19 disesuaikan dengan rata-rata penggunaan enam bulan terakhir.

Hal itu dilakukan untuk membatasi kunjungan petugas ke rumah guna mencatat kubikasi meteran air pelanggan.

L

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button