Ibu Kota Baru

Pembangunan Ibukota Tetap Jalan

Skema pembangunan sesuai rencana.

Report: Robby I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Pemerintah memastikan rencana pembangunan ibukota baru di Kaltim, tetap berjalan. Rencananya, akhir Desember ini dilakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking untuk pembangunan pusat pemerintahan.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, menjelaskan selama ini terjadi penundaan lantaran korona. Tapi, Istana tetap memastikan pembangunan tetap berjalan.

“Sesuai rencana,” papar Hadi, Jumat 26 Juni 2020. Kendati sempat tertunda, tapi yang menjadi prioritas utama dalam pembangunan awal tetap istana dan gedung lembaga negara.

Bahkan, lanjutnya, Jokowi meminta dalam empat tahun ke depan sudah mulai bekerja di Kaltim. “Beliau minta Juli 2024 sudah berkantor di ibukota baru,” jelas Wagub Hadi.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono berharap proyek ibukota baru di Kaltim, bisa masuk ke fase konstruksi tahund depan. Pihaknya masih terus menyiapkan perencanaan dengan fokus pada desain dasar.

“Kami masih tahap perencanaan, sedang berfokus pada desain dasar ibukota baru dan penyusunan undang-undang atau payung hukumnya bersama DPR RI. Kami berharap pada tahun depan bisa beralih ke tahap konstruksi proyek ibukota baru,” ujar Basuki dalam pertemuan daring, Selasa 23 Juni 2020. Basuki mengatakan hal itu akan dielaborasi lebih lanjut dalam forum bisnis.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close