Penajam Paser Utara

Pemain Investasi Bodong Dicokok Polisi

Report: Janu I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Salah satu pemain investasi fiktif alias bodong, berinisial Y (37), dicokok Polres Penajam Paser Utara. Wanita muda itu ditangkap setelah polisi mendapat laporan dari korban.

Pelaku ditangkap tim gabungan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Sepinggan, Balikpapan. Penangkapan dilakukan ketika ia baru tiba dari luar daerah.

“Tersangka sudah berhasil kita tangkap, saat ini diamankan di Polda Kaltim,” papar Kapolres PPU, AKBP M Dharma Nugraha didampingi Kasat Reserse Kriminal IPTU Dian Kusnawan, Selasa, 20 Oktober 2020.

Dharma menjelaskan, investasi fiktif yang dilakukan Y, telah berjalan sekitar dua tahun. Namun, di tahun ini jumlah orang yang tergiur berinvestasi meningkat signifikan.

Pelaku Y, sambung Dharma, menggunakan modus dengan menjanjikan tawaran keuntungan besar dari investasi. “Sehingga para korban tertarik berinvestasi,” jelasnya. Namun, ia belum memastikan jumlah detil korban yang ditipu.

Saat ini pihaknya baru menerima sembilan laporan. “Kita masih mendata dan mengumpulkan korban lain untuk mengetahui keseluruhan jumlah korban dan total kerugiannya,” paparnya.

Dari penangkapan itu, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa bukti transfer dari para korban yang melapor. Selain itu, ada pula beberapa buku rekening atas nama tersangka. Untuk mengetahui total kerugian dari korban yang belum melapor, pihak Polres PPU berencana membuka posko aduan khusus korban investasi bodong ini.

“Untuk melakukan pendataan para korban dan berapa kerugiannya, maka kami membuat posko untuk mempermudah pendataan,” katanya. Kasat Reskrim Polres PPU IPTU Dian Kusnawan menambahkan, Y disangkakan dengan dua pasal berlapis, yakni pasal terkait tindak pidana penipuan dan UU ITE.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button