Ekonomi

Peluang Bisnis di Ibukota Baru

Report: Lina| Editor: Doni

TIMUR MEDIA – Kaltim bakal ketiban bonus demografi berupa migrasi besar-besaran PNS yang bertugas di pusat. Jumlahnya diperkirakan mencapai lebih dari 1 juta PNS. 

Hal ini menyusul rencana pemindahan dan pembangunan ibukota baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara, Kaltim.

Dengan ledakan demografi dan bonus para pendatang baru maka ada permintaan, di situlah muncul peluang bisnis. Nah bagi Anda yang ingin meraihnya, ini lah beberapa peluang usaha yang diprediksi bakal laris-manis di Kalimantan Timur: 

Tempat Kost

Dari sekitar 1 juta PNS yang bakal hijrah tugas ke Kalimantan Timur, mungkin sebagian besar bukan asli dari sana. Ada yang dari Jawa, Sumatera, Sulawesi, Papua, dan lainnya. 

Bahkan, gak jarang ada beberapa di antaranya yang sudah lama menetap di Jakarta dan membeli rumah di sekitarannya. Namun, ketika ditugaskan untuk pindah, mau gak mau mereka harus memenuhi amanah tersebut. 

Kepindahan ini menambah beban pikiran mereka lagi, khususnya dalam hal tempat tinggal. Kalau tidak ada mess, kos-kosan atau kontrakan menjadi pilihan yang tepat. 

Untuk memenuhi kebutuhan atas tempat tinggal, maka usaha kos-kosan atau kontrakan bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi warga asli sana. 

Berhubung pemindahannya baru akan dilaksanakan pada 2024, tidak ada salahnya mempersiapkan bangunan fisiknya dari sekarang. 

Kuliner

Bisnis kuliner memang paling menjanjikan di semua wilayah. Apalagi, nantinya di Ibu Kota baru Kalimantan Timur. Bisnis makanan yang kira-kira disenangi oleh banyak orang, seperti buka warung masakan Padang, atau warung Tegal yang murah meriah. 

Lebih bagus lagi kalau bisa buka di dekat kantor-kantor pemerintahan nantinya. Dijamin jadi serbuan PNS saat lapar di siang atau malam hari. 

Kafe

Bagi mereka yang pindahan dari Jakarta, tentu sudah gak asing lagi dengan budaya nongkrong. Setiap Jumat malam atau Sabtu dan Minggu, abdi negara khususnya yang milenial lebih memilih nongkrong ke kafe bersama teman-teman untuk menghilangkan penat. 

Budaya inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis baru di Kalimantan Timur. Membangun kafe tempat ngopi dengan desain arsitektur yang apik bisa mengundang ketertarikan pelanggan, apalagi yang instagramable. 

Kopi Susu Modern

Kopi susu kekinian belakangan menjadi bisnis yang paling laku keras di Jakarta. Mulai dari pegawai swasta, anak kuliahan, sampai pegawai negeri sipil semuanya senang memesan kopi susu kekinian. 

Karena penggemar terus meningkat, gak heran banyak bermunculan brand kopi susu kekinian mulai dari Tuku, Kopi Kenangan, Kulo, Janji Jiwa, Kopi Yor, dan masih banyak lagi. 

Dari sekitar 1 juta PNS yang pindah ke Kaltim, pasti banyak dari mereka yang juga penggemar kopi susu kekinian. Jadi, buat yang pengin mencari cuan di Ibu Kota baru gak ada salahnya memilih kedai kopi susu kekinian. 

Ojek

Bisa ojek online maupun ojek pangkalan, pasti bakal dibutuhin banget di sana. Tujuannya tentu saja untuk mengantarkan para abdi negara dari tempat tinggalnya ke kantor. 

Karena kemungkinan besar nantinya area tempat tinggal bakal berada jauh di pinggiran pusat pemerintahan. Untuk mempercepat transportasi, ojek masih menjadi andalan para pegawai di pemerintahan nantinya. 

Alat Tulis Kantor

Ledakan pendatang PNS dari Jakarta ke Kaltim, tentu akan membawa serta keluarga. Bagi mereka yang memiliki anak sekolah, kebutuhan alat tulis kantor dan seragam akan ikut meningkat pesat.

Membuka usaha tempat foto copy yang menjual aneka alat tulis, seragam sekolah dan sejenisnya bisa menjadi peluang tersendiri. Permintaan kebutuhan tersebut pastinya akan meningkat loh.

|Sumber: Moneysmart

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button