DPRD Balikpapan

Pelantikan Budiono Tunggu SK Gubernur

Budiono dipilih melalui seleksi partai yang ketat.

Report: Taufik Hidayat I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Di Rapat Paripurna, Parlemen Balikpapan telah mengumumkan Budiono sebagai Wakil Ketua menggantikan Thohari Azis, Senin 11 Januari 2021. Dalam rapat itu juga diumumkan Pantun Gultom sebagai anggota DPRD Balikpapan pergantian antar waktu.

Gultom menjadi anggota Parlemen Balikpapan yang baru dari Fraksi PDIP, menggantikan kader seniornya Riri Sasmita. Riri sendiri mengundurkan diri lantaran fokus merawat kesehatannya. Tiap dua pekan sekali harus ke rumah sakit, dan bisa menghabiskan waktu empat sampai enam hari. Namun, terkait pelantikan Gultom belum bisa dilakukan.

Menurut Budiono, saat ini masih menunggu terbitnya Surat Keputusan Gubernur Kaltim. Nantinya, jika SK ini telah terbit, maka pelantikan dirinya dan Pantun Gultom baru bisa dilakukan.

“Menunggu SK Gubernur saat ini sedang diurus, ya pelantikkannya bareng Pak Gultom dilantik,” ujar Budiono, Senin 11 Januari 2021.

Ia mengungkapkan, sebelum terpilih, ada mekanisme dan tahapan partai yang harus dilalui agar bisa didaulat menjadi pimpinan DPRD.

“Aada diaturan partai kalau tidak salah Nomor 27 tahun 2019. Artinya aturan partai melalui tahapan, pertama mengusulkan siapa yang menjadi kandidatnya, partai punya aturan menjadi unsur pimpinan. Jadi setelah melalui usulan rapat partai, disampaikan kepada DPP,” terang Budiono.

Menurutnya, ada enam anggota Parlemen yang diusulkan menggantikan posisi Thohari untuk menjadi wakil ketua. Selanjutnya DPP melakukan seleksi. “Ada psikotes, wawancara. Ada 6 orang usulan DPC, setelah diseleksi DPP,” urainya.

Dari proses itu, Budiono pun terpilih menggantikan Thohari. Ia berjanji akan mendorong pemerintahan yang sehat dan menjadikan Balikpapan lebih baik dari sebelumnya. “Saya akan menjalankan amanah partai sesuai program partai dan masyarakat Balikpapan.”

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button