Kaltim

Pasien Sembuh Korona di Kaltim Melonjak

Total pasien sembuh 46 orang, terbanyak asal Balikpapan.

Report: Robbi I Editor: Nina

TIMUR MEDIA – Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi M Ishak, mengungkap pasien positif korona yang sembuh di Kaltim melonjak pesat. Hari ini bertambah lima orang sehingga total per Rabu 13 Mei 2020, menjadi 46 pasien sembuh.

“Seluruh pasien sembuh hari ini merupakan pelaku perjalanan dari Gowa,” ungkap Andi M Ishak dalam keterangan persnya.

Andi menyebut, seluruh kasus tersebut dinyatakan sembuh karena dari hasil laboratorium BBLK Surabaya dinyatakan 2 kali dengan hasil negatif, serta hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid- 19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala.

“Semoga jumlah pasien yang sembuh dari hari ke hari terus bertambah,” ucapnya.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio kepada awak media menyebut ada beberapa kemungkinan yang menjadi alasan mengapa jumlah pasien sembuh Covid-19 terus melonjak.

“Di antaranya dokter dan rumah sakit lebih siap. Bisa juga pasien lebih dini datang ke rumah sakit. Lalu, protokol pengobatan lebih siap. Daya tahan tubuh pasien juga lebih baik karena usia muda,” tuturnya.

Mengacu data Dinas Kesehatan Kaltim, per 13 Mei 2020, sudah ada 46 pasien sembuh. Pasien sembuh terbanyak di Balikpapan, totalnya mencapai 19 orang. Disusul Samarinda,a da sembilan orang, lalu PPU delapan orang. Sampai saat ini hanya Paser dan Berau yang belum melaporkan adanya pasien sembuh korona.

Berikut rincian kasus sembuh di PPU:

1) PPU 05 (Laki-laki 45 tahun) merupakan pelaku perjalanan dari Gowa yang telah dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung sejak 4 April 2020.

2) PPU 06 (Laki-laki 45 tahun) merupakan pelaku perjalanan dari Gowa yang telah dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung sejak 6 April 2020.

3) PPU 12 (Laki-laki 55 tahun) merupakan pelaku perjalanan dari Gowa yang telah dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung sejak 7 April 2020.

4) PPU 13 (Wanita 28 tahun) merupakan kontak erat PPU1 dari kluster Gowa yang telah dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung sejak 20 April 2020.

5) PPU 14 (Laki-laki 41 tahun) merupakan pelaku perjalanan dari Gowa yang telah dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung sejak 8 April 2020.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button