Kaltim

Paser Belum Ikuti Langkah Bal-Sam

Reporter: Ryan | Editor: Nina

TIMUR MEDIA – Langkah pencegahan bertambahnya wilayah pandemic Covid-19 atau virus korona di sejumlah kota/kabupaten di Kaltim terus dilakukan.

Meski belum menerapkan pembatasan akses masuk dan keluar wilayah, Kabupaten Paser tetap waspada. Upaya yang dilakukan dengan melakukan pantauan dan pengecekan suhu pelintas di sejumlah titik.

Kendati Balikpapan dan Samarinda telah melakukan pembatasan akses serta memberlakukan jam malam sejak Selasa 31 Maret 2020, Pemerintah Kabupaten Paser masih menganggap belum perlu.

Dalam rapat terbatas yang dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Paser, Katsul Wijaya, menyebut hasil sementara belum dilakukan pemberlakuan jam malam.

“Masih dibahas apakah nanti kita akan memutus akses di perbatasan antara Kaltim dan Kalsel. Tapi untuk sementara masih dlakukan mengecekan suhu,” ujar Katsul, pada Timur Media, Selasa 31 Maret 2020.

Pemeriksaan suhu bagi pelintas jalan, ujar Katsul, terutama difokuskan di wilayah Long Kali, Muara Komam dan juga di Kerang Batu Engau.

“Pengecekan suhu dilakukan petugas dari Dinas Kesehatan didampingi pihak kepolisian, TNI dan Dishub,” terang Katsul.

Apakah nanti akan mengikuti langkah Balikpapan dan Samarinda? Katsul menyebut penutupan akses tidak menutup kemungkinan akan dilakukan. Ini sebagai langkah preventif agar Paser bisa aman dari wabah virus ini.

Pihaknya juga melakukan pemantauan pergerakan warga yang berstatus orang dalam pemantauan atau ODP, maupun berstatus pasien dalam mengawasan aja PDP. Utamanya di puskesmas dan juga di sejumlah rumah sakit.

Sejumlah pihak menilai, langkah ini di rasa perlu, karena di wilayah Kalsel mengalami penambahan penderita virus ini secara signifikan.

Dari data yang dihimpun Timur Media dari 1162 ODP, sebanyak 7 PDP dan 5 positif terjangkit virus yang  berasal dari Wuhan Tiongkok tersebut.

Lima pasien yang terkonfirmasi terjangkit, dua orang berasal dari Banjarmasin, 1 pasien dari Tabalong, dan 2 pasien dari Banjar.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close