Balikpapan

Pasar Malam Diizinkan Buka Kembali

Report: Taufik Hidayat I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat mikro di Balikpapan kembali diperpanjang. Namun di tahap III ada relaksasi tambahan. Seperti fasilitas umum kolam renang dan arena bermain water boom serta dan pasar malam, dibolehkan dibuka untuk beroperasi kembali.

Kepala Satpol PP Kota Balikpapan, Zulkifli, menjelaskan PPKM skala mikro diperpanjang untuk tahap ketiga mulai 28 Maret sampai 10 April 2021 mendatang.

“Perpanjangan tahap tiga ini sama dengan PPKM kedua yang saat ini masih berlaku sampai 27 Maret 2021,” jelasnya, Kamis 25 Maret 2021. Namun di tahap ketiga ada sejumlah pelonggaran, antara lain pasar malam dan fasilitas waterboom dapat dibuka kembali.

Meski dapat beroperasi kembali, kapasitas pengunjung yang diizinkan maksimal 25 persen. Pelonggaran di masa PPKM skala mikro sesuai Instruksi Mendagri Nomor 6 Tahun 2021 yaitu kegiatan fasilitas umum dapat dibuka bertahap.

“Jadi kapasitas maksimal untuk water boom dan kolam renang hanya 25 persen,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, pasar malam juga diperkenankan dibuka dengan dibatasi dalam sepekan hanya tiga hari. “Yakni Senin, Kamis dan Sabtu,” jelasnya.

Pelonggaran lainnya kegiatan masyarakat juga diberi izin. Terutama kegiatan di lingkungan RT, lembaga pemberdayaan masyarakat, kelurahan dan kecamatan.

“Tapi tetap dibatasi maksimal undangan 200 orang dengan durasi waktu lima jam,” jelasnya.

Ia menerangkan, dari durasi lima jam itu dibagi beberapa tahap, durasi dua jam untuk kegiatan tahap pertama, satu  jam istirahat dan dua jam lagi untuk kegiatan tahap kedua.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button