Politik

Partai Gelora Deklarasi Januari

TimurMedia.com:

Partai Gelora Indonesia: Gelombang Rakyat Indonesia, akan dideklarasikan pada Januari 2020. (GI)

JAKARTA, TIMUR MEDIA – SALAH satu inisiator Partai Gelora Indonesia, Mahfudz Siddiq menampik partainya akan melakukan deklarasi di bulan November 2019.

Mahfudz mengungkapkan, acara yang digelar di salah satu hotel di Kemang pada Sabtu (9/11) ini baru sebatas tahap persiapan.

“Masih panjang, kalau deklarasi kita undanglah semua. Media kalau boleh satu pun tidak ada yang terlewatkan,” tutur Mahfudz, Sabtu, seperti dirilis ROL.

Ia menerangkan, saat ini tahapan proses pembentukan Partai Gelora Indonesia baru sampai tahap notaris. Jika tahapan itu selesai, pendaftaran baru dilanjutkan ke Kementerian Hukum dan HAM.  

“Nah, itu syarat sesuai undang-undang harus dipenuhi. Forum ini kami gunakan untuk cek kesiapan provinsi,” papar Mahfudz.

Ia sendiri belum bisa memastikan jadwal daftar. “Karena tergantung evaluasi dan deklarasi resminya nanti kalau proses Kemenkumham selesai,” ujarnya.

Mahfudz mengutarakan, deklarasi Partai Gelora Indonesia baru akan dilakukan jika struktur dari pusat hingga kecamatan telah lengkap.

Hal senada disampaikan inisiator lain Partai Gelora Indonesia, Fahri Hamzah. Mantan wakil ketua DPR itu mengatakan, deklarasi akan dilakukan jika seluruh syaratnya sudah selesai.

“Sebenarnya kalau syarat administrasinya sih sudah selesai, karena itu sudah jalan kan, sudah menjadi tanggung jawab notaris. Makanya ada peristiwa menandatangani pernyataan deklarasi itu di depan notaris,” beber Fahri.

Sejumlah inisiator dan pengurus Partai Gelora Indonesia melakukan syukuran di daerah Kemang Jakarta Selatan, Minggu, 10/11.

Syukuran itu sengaja digelar karena bertepatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November. 

Soal struktural partai, mulai mengemuka. Gelora nantinya akan diketuai Anis Matta. Namun, Partai Gelora akan mendeklarasikan diri secara resmi sebagai partai politik pada Januari 2020.

“Kami berharap Januari seluruh dokumen dari Kemenkumham yang menyatakan bahwa Partai Gelombang Rakyat Indonesia atau Gelora Indonesia ini sudah sah menjadi perserta Pemilu,” kata Fahri Hamzah, Minggu, 10/11.

Fahri mengungkap, Anis Matta akan menjabat sebagai ketum. Ia sendiri akan menjadi wakil ketua umum. Lalu, Mahfudz Siddiq duduk sebagai Sekjen, dan Ahmad Riyaldi sebagai bendahara.

Selain tokoh-tokoh itu, Fahri mengatakan akan ada unsur tokoh pesantren, agama, hingga politikus lama.

Mereka nantinya bergabung mewarnai kepengurusan Partai Gelora. Salah satunya mantan kader Demokrat, Deddy Mizwar.

Fahri menyebut pihaknya sekarang tidak mau menggembar-gemborkan eksistensi Gelora. Tetapi, ia memastikan Gelora akan ikut di kontestasi Pilkada 2020.

Report: Janu Bisono

Editor: Adi S

Most Popular

To Top