Kaltim

Parlemen Samarinda Siap Sahkan Perda Korona

Samarinda tidak menerapkan pembatasan.

Report: Yoyo I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Parlemen Samarinda telah menggodok Perda penanggulangan dan pencegahan korona. Jika tak ada aral melintang, produk hukum itu akan disahkan bulan ini. Demikian diutarakan Wakil Ketua DPRD Samarinda, H Subandi.

Subandi menilai Perda khusus yang mengatur penanggulangan dan pencegahan korona dibutuhkan. Hal ini mengacu pada sebaran kasus yang dianggap mengingkat. Aturan ini pun dibuat sebagai upaya menekan penyebaran virus.

“Bulan Februari ini akan disahkan Perda yang mengatur tentang Covid-19. Di situ ada konsekuensinya jika melanggar,” jelasnya. Terkait sanksi yang akan diterapkan bagi pelanggar, tidak ada yang sampai memberi sanksi pidana.

“Jelas ada sanksi. Tapi harapannya tidak berujung ke pidana. Paling tidak bagaimana supaya masyarakat semakin patuh,” kata Subandi.

Ia menilai kepatuhan masyarakat samarinda menerapkan protokol kesehatan masih rendah, sehingga penyebaran ia memperkirakan virus mudah menyebar. Pihaknya juga meminta Pemerintah Samarinda agar menggencarkan sosialisasi prokes kepada masyarakat.

“Progres kesadaran masyarakat masih sangat rendah. Ini perlu digalakkan lagi oleh Pemkot, jangan henti mengimbau supaya menjalankan protokol kesehatan dengan 3M dan 4M,” katanya.

Terkait pembatasan seperti Balikpapan, baik Parlemen maupun Pemerintah Samarinda belum pernah membahas hal itu. “Belum. Samarinda belum mengarah menerapkan pembatasan,” katanya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button