AdvDPRD Balikpapan

Parlemen Revisi Perda Ketertiban Umum

Pengesahan ditarget awal tahun depan.

Reporter: Taufik Hidayat I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Parlemen Balikpapan melakukan revisi terhadap draf peraturan daerah tentang Ketertiban Umum. Salah satu klausul yang akan direvisi dengan menambahkan poin terkait pencegahan dan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan Covid-19.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Balikpapan, Andi Arif menjelaskan, saat ini naskah akademiknya sudah selesai. Tetapi masih ada sejumlah poin yang perlu dibahas bersama instansi terkait.

“Kalau untuk naskah akademiknya sudah clear, sudah selesai,” ujar Andi Arif, Kamis 19 November 2020. Parlemen, sambungnya, hanya perlu membahas ulang dengan instansi terkait yang direncanakan dalam waktu dekat ini.

“Lalu, targetnya awal tahun depan sudah rampung semua dan sudah bisa disahkan,” terangnya. Parlemen mengebut revisi Perda ini lantaran kebutuhan yang dinilai mendesak. Terutama untuk membuat payung hukum penegakan prokes. Selama ini masih mengacu pada Peraturan Wali Kota Nomor 23 Tahun 2020.

Dengan adanya Perda itu, lanjut Andi, diharapkan payung hukumnya lebih kuat. Kendati demikian, Parlemen belum berani memastikan pengesahan lebih cepat. Karena tidak mungkin disahkan tahun ini.

“Kalau sekarang masih empat raperda yang harus dituntaskan dan targetnya akhir tahun ini. Pembahasan empat raperda ini juga dikebut,” jelasnya.

Jadi, katanya, tidak bisa untuk memaksakan pengesahan revisi Perda Ketertiban Umum di tahun ini. “Kita saja masih punya utang empat perda,” papar Andi Arif. *Adv

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button