AdvDPRD Balikpapan

Parlemen Pastikan Guyur Modal PDAM

Report: Taufik I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Parlemen Balikpapan memastikan akan tetap mengguyur modal untuk keberlangsungan operasional PDAM. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Abdulloh, Senin 3 Agustus 2021.

Guyuran penyertaan modal Rp 1 triliun untuk PDAM Tirta Manggar, jelas Abdulloh, dipastikan akan berlanjut. Tapi kepastian kucuran modal itu diberikan bertahap dengan melihat keuangan daerah.

Abdulloh mengatakan saat ini rancangan revisi Peraturan Daerah tentang Penyertaan Modal tengah dibahas. “Masih dihitung yang mana aset PDAM, mana yang termasuk penyertaan modal. Sedang disinkronkan,” terangnya.

Ia menampik rumor jika Parlemen tidak lagi menyetujui penyertaan modal kepada PDAM melalui APBD. “Mau gimana pun harus tetap didukung APBD karena semua ini untuk pelayanan masyarakat,” jelasnya.

Abdulloh mengakui, sampai saat ini pelayanan air bersih dari PDAM ke masyarakat belum mencapai 80 persen. Persoalan itu menjadi tanggung jawab Parlemen dan Pemerintah Balikpapan. Masalah-masalah seperti ini dinilainya perlu dukungan kuat, antara lain, dengan penyertaan modal.

“Kalau tidak didukung APBD sama saja tidak berpihak kepada rakyat. Kepentingan PDAM kan melayani rakyat,” ingat Abdulloh.

Dari analisa yang diperolehnya, tidak tercapainya 80 persen pelayanan air bersih disebabkan penambahan jumlah penduduk dan gencarnya pembangunan kawasan perumahan. Sehingga penyertaan modal tetap perlu diberikan setiap tahun kepada PDAM.

Ia meyakini 80 persen pelayanan air bersih bisa tercapai jika pembangunan perumahan dihentikan.

“Tapi kan itu tidak mungkin. Kapan majunya Balikpapan kalau tidak ada pembangunan,” ujar Abdulloh. Menurutnya revisi Perda Penyertaan Modal disesuaikan tetap kemampuan keuangan daerah. Termasuk mengevaluasi anggaran yang diberikan ke PDAM untuk mencapai penyertaan modal secara keseluruhan.

Abdulloh memberi ilustrasi. Misal dari Rp 1 triliun sudah masuk Rp 500 miliar, berarti sisa Rp 500 miliar lagi. “Nah kalau ternyata hanya mampu Rp 100 miliar per tahun, ya kami alokasikan segitu,” jelasnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button