DPRD Balikpapan

Parlemen Balikpapan Sidak ke Perumahan Jokowi

Report: Taufik I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Komisi III Parlemen Balikpapan melakukan inspeksi mendadak di Jalan Padat Karya RT 61 Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara, Sabtu 23 Januari 2021. Sidak ini dilakukan menyusul adanya keluhan warga terkait banjir di kawasan itu yang mencapai 1-1,5 meter. Tiap banjir, akses jalan lumpuh tidak dapat dilewati, padahal di wilayah ini terdapat perumahan Jokowi.

Sidak dipimpin Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Alwi Al qodri dan anggota Komisi III lainnya. Tampak hadir Kepala Dinas Pekerjaan Umum Balikpapan, Andi Yusri Ramli beserta staf.

Ketua Komisi III Parlemen Balikpapan Alwi mengatakan, sidak ini dilakukan mendapat keluhan warga mengenai permasalahan banjir di kawasan ini. “Sekarang kita tindak lanjuti, datang ke lokasi bersama anggota komisi III DPRD Balikpapan dan Kepala Dinas PU dan stafnya,” ujar Alwi.

Dari pantauannya, ada beberapa alternatif penyelesaian masalah banjir. Yakni perlu meninggikan jalan dan pembersihan gorong-gorong. Penyelesaian banjir di kawasan ini nantinya dialokasikan dari Dana Alokasi Khusus APBD Murni 2021 sebesar Rp 5 miliar.

“Kebetulan anggaran sudah masuk di DAK APBD Murni sebesar Rp 5 miliar. Dengan anggaran ini diharapkan bisa tuntas,” jelas Alwi.

Rencananya, dalam pengerjaan jalan akan ditinggikan setebal 1 meter. Berikutnya jalan ini akan dibelah untuk membersihkan normalisasi gorong-gorong. Ia pun mewanti-wanti jangan sampai sudah dianggarkan tapi tidak dapat menyelesaikan masalah. “Nanti kita yang repot,” kata Alwi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Balikpapan, Andi Yusri Ramli memaparkan, rencana program pembenahan ruas jalan Padat Karya sekitar lebih 1,8. Tahun 2021 DPU memiliki rencana program pembenahan jalan di kawasan ini meliputi perbaikan kerusakan jalan, peningkatan rigid pavement dan perbaikan saluran.

“Pengerjaan akan membongkar gorong-gorong dan memasang boks dengan dimensi 2 meter. Lalu jalan akan ditinggikan setebal 1 meter, ” paparnya. Ia memastikan tahun ini proyek tersebut bisa segera dikerjakan. Hanya menanti persiapan lelang, yang dijadwalkan paling lambat akhir Maret.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button