DPRD Balikpapan

Legislator Balikpapan: Perketat Kesehatan Hewan Kurban

Report: Hendra I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Menjelang Idul Adha 1441 h, Parlemen Balikpapan meminta Pemkot agar melakukan pengawasan ketat terhadap kesehatan hewan kurban yang dijual di pinggir jalan.

Permintaan itu diutarakan Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan, Nuhardi Saputra. Ia menyarankan pengetatan kesehatan hewan kurban untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

“Sekaligus agar laik dan memenuhi persyaratan untuk ibadah kurban. Jadi kita minta Pemkot bisa lebih ketat mengawasi kesehatan hewan kurban,” paparnya, Rabu 1 Juli 2020.

Langkah tersebut, lanjut Nurhadi, perlu dilakukan di tengah pandemi. Selain itu, ia juga mengingatkan agar para pedagang dan calon pembeli menerapkan protokol kesehatan. Terutama saat transaksi jual beli hewan kurban. Tempat penjualan harus dilakukan di tempat yang telah memiliki izin.

Diingatkan Nurhadi, penjual perlu menyediakan tempat cuci tangan yang mudah diakses pengunjung. “Hewan harus dipastikan benar-benar sehat. Saat transaski juga harus menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan masker,” ujarnya.

Bisa juga, sambung Nurhadi, saat transaksi dengan cara melakukan transfer untuk menghindari kontak. Jika tidak memungkinkan, perlu menjaga jarak. “Dalam transaksi jangan terlalu lama, jarak antar orang minimal satu meter,” katanya.

Selain meminta Pemkot mengawasi kesehatan hewan kurban, Nurhadi juga mengingatkan agar ketersediaan bahan pokok dan daging di hari H Idul Adha benar-benar cukup. “Jangan sampai saat Hari Raya dimanfaatkan menaikkan harga,” paparnya.

Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Balikpapan, juga memberlakukan persyaratan khusus bagi setiap pedagang. Mereka wajib melaporkan jumlah hewan kurban yang dijual agar bisa dilakukan pengecekan kesehatan dan standar prosedur persyaratan hewan kurban.

Data DP3 Balikpapan menyebut, untuk sementara ini setidaknya sudah ada 30 orang yang tengah melakukan tahap pemeriksaan legalitas dan pengecekan kesehatan oleh Pemkot Balikpapan. *ADV

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close