Politik

Parlemen Balikpapan Kebut Lima Raperda

Wakil Ketua Bapemperda DPRD Balikpapan, Syukri Wahid. (Ist)

Report: Hendra| Editor: Abi K

TIMUR MEDIA – Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Balikpapan, Syukri Wahid, mengatakan saat ini pihaknya tengah membahas lima Raperda baru.

Rancangan peraturan daerah ini diprioritaskan untuk disahkan pada Desember 2019.

Lima raperda tersebut, yaitu Raperda penyelenggaraan transportasi yang mengharuskan calon pemilik mobil punya garasi sendiri.

Kedua, Raperda penebangan pohon, yang mengingatkan tiap warga Balikpapan yang menebang pohon untuk melapor ke kelurahan dan menggantinya dengan uang.

“Jadi semua pihak tidak asal tebang,” papar Syukri, Selasa, 19/Nov/2019.

Syukri melanjutkan, raperda ini untuk mencegah para pengembang nakal yang ingin membuka lahan baru tanpa peduli lingkungan.

Menurut Syukri tiga raperda lain yang jadi prioritas untuk disahkan, Raperda sistem pengentasan kemiskinan, penyelenggara pendidikan dan Raperda pajak online.

Syukri menjelaskan menyoal Raperda sistem pengentasan kemiskinan, aturan ini untuk mengantisipasi lonjakan pendatang. Karena selama ini banyak pendatang mengincar Balikpapan.

“Bahkan paska ditetapkan ibu kota baru, ada 2.000 ribu pendatang baru per bulan,” jelasnya.

Syukri bilang, raperda yang sedang dibahas, diprioritaskan untuk disahkan tahun ini. “Semoga Desember bisa disahkan semua,” harapnya.

🅣🅘🅜🅤🅡 🅜🅔🅓🅘🅐

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button