AdvDPRD Balikpapan

Parlemen Balikpapan Dukung Rencana Pemprov

Abdulloh berharap pembangunan fly over Muara Rapak bisa diwujudkan.

Reporter: Taufik Hidayat I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Ketua Parlemen Balikpapan, Abdulloh mendukung dan bersyukur jika benar Pemerintah Provinsi Kaltim akan membangun jalan layang di Muara Rapak, Balikpapan Utara. Rencananya, fly over tersebut akan dibangun melalui skema multiyears.

“Kalau benar bisa terwujud kami sangat berterima kasih. Tapi, sepertinya belum ya. Sebab APBD Provinsi masih dalam proses pembahasan,” tutur Abdulloh, Kamis 5 November 2020. Ia menjelaskan proyek pembangunan dengan skema multiyears itu perlu melalui paripurna.

“Biasanya begitu. Kalau multiyears berarti sudah ada skema anggaran dan skema pembayaran setiap tahun untuk pelaksanaannya. Kalau sudah ada skemanya, saya yakin dan percaya itu akan dipenuhi Provinsi,” jelasnya.

Abdulloh mengatakan agar rencana itu bisa direalisasikan, ia berharap adanya dorongan dan perjuangan dari anggota Parlemen di Provinsi, khususnya mereka yang berasal dari daerah pemilihan Balikpapan.

“Semoga mereka bisa mewujudkannya. Apalagi ini sudah mendesak. Karena sering terjadi kecelakaan yang merenggut nyawa,” tuturnya.

Ia menambahkan, “Mudah-mudahan perjuangan DPRD Provinsi dapil Balikpapan berhasil sehingga fly over itu bisa dibangun dengan menggunakan anggaran murni dari Provinsi,” kata Abdulloh.

Menurutnya, jika mengandalkan APBD Kota sangat sulit mewujudkannya. Alasan Abdulloh, anggaran yang dibutuhkan sangat besar yakni mencapai Rp 181 miliar.

“Kalau Provinsi bisa mewujudkan, itu sangat membantu sekali karena APBD Balikpapan sudah sangat terpuruk,” papar Abdulloh. Ia menjelaskan total anggaran Rp 181 miliar itu dibayar tiga tahun. Artinya, pembayaran dibagi tiga, yang berarti tiap tahun Pemprov wajib mengalokasikan anggaran tersebut.

Jika hal itu bisa diwujudkan, sambung Abdulloh, pemerintah Balikpapan nantinya bertugas membebaskan lahan yang dibutuhkan. “Pemkot mungkin perlu menyiapkan pembebasan lahannya, sekaligus mencari solusi bagaimana caranya memindahkan,” jelasnya. *Adv

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button