AdvDPRD Balikpapan

Parlemen Balikpapan Dukung Pembukaan Sekolah

Ada enam syarat yang patut diperhatikan pihak sekolah.

Report: Taufik Hidayat I Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Balikpapan berencana kembali membuka sekolah tatap muka. Atas rencana ini, eksekutif dan legislatif di kota ini menghelat rapat dengar pendapat. Khususnya antara pihak Dinas Pendidikan dengan Komisi IV. Di kesempatan ini, Parlemen sangat mendukung rencana dibukanya kembali sekolah.

Dalam RDP kali ini, dibahas pula perihal persiapan simulasi. Rencana ini akan dihelat pada 14 Desember 2020, dan pembelajaran tatap muka kembali digelar pada tanggal 11 Januari 2021.

Wakil Ketua Komisi IV Parlemen Balikpapan, Iwan Wahyudi, memberi dukungan penuh bagi Dinas Pendidikan. Menurutnya, berdasarkan masukan dari masyarakat, banyak orangtua dan para siswa yang merindukan sekolah dibuka kembali.

“Kita juga menghindari ancaman putus sekolah dan masalah psikososial masyarakat, yang telah lama merindukan pembelajaran tatap muka,” ujar Iwan Wahyudi, Kamis 10 Desember 2020.

Di samping pembelajaran tatap muka, Iwan mengingatkan, untuk tetap memperhatikan prokes. Selain itu, nantinya perlu pula beradaptasi dengan situasi yang berbeda kali ini.

“Seperti jam pembelajaran yang dikurangi, tidak ada istirahat dan tidak adanya jual beli makanan di area sekolah,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Iwan, ada pula enam syarat yang patut dipersiapkan pihak sekolah. Yakni, adanya persetujuan dari pemerintah, pihak sekolah, komite dan orang tua, termasuk hand sanitizer, pengecekkan suhu, pendeteksi komorbid bagi tenaga pengajar.

“Itu menjadi standard maksimal berjalannya pembelajaran,” kata Iwan.

Seluruh siswa juga tidak bisa hadir bersamaan di hari sama. Maksimal siswa yang hadir hanya 50 persen. Para pedagang yang biasanya berdagang di area sekolah pun, diminta kesabarannya lantaran situasi seperti ini.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button