AdvDPRD Balikpapan

Paripurna Virtual, Parlemen Lakukan Evaluasi

Reporter: Taufik Hidayat I Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Rapat Paripurna Parlemen Balikpapan pada Senin 26 Oktober 2020, dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom. Paripurna itu mengagendakan evaluasi beberapa hal yang dianggap mendesak. Rapat dipimpin Wakil Ketua Parlemen Balikpapan, Sabaruddin Panrecalle.

Menurut Sabaruddin, evaluasi dilakukan terhadap tiga hal. Pertama terkait hasil evaluasi Gubernur Kaltim terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan anggaran APBD – P Tahun 2020 Balikpapan.

“Kita bicarakan tadi hanya saja di tanggal 6 Oktober Gubernur Kaltim mengeluarkan evaluasi terhadap perubahan itu yang dituangkan dalam APBD sesuai Nomor 90 3/5 9 50/172 6 – III/BPKG,” terangnya. Ia melanjutkan, “Itu yang direkomendasikan.”

Evaluasi kedua, sambungnya, terkait rekomendasi panitia khusus pengawasan anggaran percepatan penanganan Covid-19 di Balikpapan. “Kami dari Pansus telah merekomendasikan delapan hal kepada Pemkot Balikpapan,” terangnya.

Dari hasil kerja Pansus selama ini, pihaknya memutuskan untuk memberi delapan rekomendasi yang diharapkan bisa segera dijalankan pemerintah Balikpapan. Beberapa rekomendasi itu, di antaranya, menyusun penggunaan anggaran Covid-19 termasuk dengan auditnya.

“Kami minta laporannya jika ada penyimpangan,” ujarnya. Ia menegaskan, jika ada temuan itu maka perlu diberikan tindakan tegas. Hal itu juga menjadi bagian dari rekomendasi yang dikeluarkan Parlemen.

“Ketika anggaran itu digunakan PeBalikpapan, kita minta publikasi anggarannya transparan,” tegasnya.

Parlemen Balikpapan juga mengingatkan pemerintah agar melakukan kajian dan aspek sosial selama Covid-19. Pansus meminta laporan itu dari Pemkot Balikpapan.

Ia juga meminta update catatan penerimaan bansos. Baik dari pihak ketiga, bantuan dari pusat maupun dari provinsi. “Kami minta update semuanya,” jelasnya. *Adv

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button