Balikpapan

Pantai Menpora Balikpapan Terpapar Limbah

Report: Hendra| Editor: Nina

TIMUR MEDIA – Pemandangan di Pantai Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), Balikpapan, tampak berbeda. Di tepian pantai tampak paparan cairan pekat mengalir bercampur air laut.

Pemandangan itu terjadi sejak Minggu sore, 8 Maret 2020 sekitar pukul 16.30 WITA. Sampai Senin 9 Maret, kondisi pantai belum terlihat jernih.

Warnanya masih pekat. Warga sekitar menduga paparan cairan pekat gelap itu adalah tumpahan minyak. Cairan meluber hingga ke sekitar Pantai Kemala Beach dengan jarak dari Pantai Monpera sejauh 1 mil.

Pihak kepolisian menerangkan telah menerima laporan warga terkait dugaan tumpahan minyak di Pantai Monpera itu.

Kepala Sub Bidang Penegakan Hukum Ditpolairud Polda Kaltim, Kompol Teguh Nugraha mengatakan, pihaknya telah menerima laporan warga ihwal dugaan tumpahan minyak di sepanjang Pantai Kemala Beach Balikpapan.

“Berdasarkan informasi dari masyarakat, ada tumpahan diduga minyak mentah berasal dari kapal tanker yang lego jangkar di sekitar perairan Balikpapan,” jelasnya.

Cairan itu terbawa arus sampai ke pesisir Pantai Kemala Beach dan sekitarnya dengan bentangan pencemaran sepanjang kurang lebih 1 mil pesisir pantai.

“Bahkan sampai memasuki saluran got masyarakat sekitar,” ujar Kompol Teguh.

Pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan dan koordinasi dengan instansi terkait. Namun, penyebab pasti tumpahan minyak tersebut belum diketahui.

Dugaan sementara, minyak mentah itu berasal dari kapal tanker yang tengah berlabuh di sepanjang Teluk Balikpapan.

Kompol Teguh mengakui, saat ini telah ada penanganan tumpahan minyak oleh instansi terkait Pertamina dan BLH Kota Balikpapan. Pihaknya juga melakukan patroli untuk mencari asal tumpahan minyak itu.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button