Penajam Paser Utara

Nasib Ribuan CPNS PPU Tak Jelas

Kekurangan pegawai diisi tenaga harian lepas.

Reporter: Robby I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA –  Ribuan nasib calon pegawai negeri sipil di Kabupaten Penajam Paser Utara, tak jelas. Badan Kepegawaian, Pengembangan, dan Pelatihan atau BKPP Kabupaten PPU sampai saat ini belum menerima keputusan resmi pemerintah pusat ihwal nasib penerimaan CPNS tahun 2020.

Pelaksana tugas Kepala BKPP PPU, Khairudin memaparkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sempat membuka formasi CPNS 2020 sebelum pandemi korona. Pembukaan itu dilakukan awal tahun ini.

Dari pembukaan itu, PPU mengajukan usulan 1.200 formasi CPNS. “Tapi sampai saat ini belum ada kejelasan soal usulan dan kelanjutan tahapan penerimaan CPNS tersebut,” ujarnya, Rabu 24 Juni 2020. Tahapan CPNS 2019 masih ditunda, padahal sudah SKD.

“Nah, SKB-nya belum dilaksanakan sampai saat ini,” jelas Khairudin. Pada penerimaan CPNS tahun lalu, PPU tidak mendapat kuota. Akhirnya, di tahun ini pihaknya mengajukan sekitar 1.200 formasi. Tetapi, belum ada informasi dari pusat apakah jadi terlaksana tahun ini atau tidak.

Ia mengatakan usulan ribuan formasi yang diajukan ke pemerintah pusat telah melalui tahapan verifikasi. Namun, sampai saat ini pusat belum memutuskan kuota formasi masing-masing daerah lantaran kondisi pandemi.

Khairuddin menjelaskan tentang banyaknya formasi yang diajukan. Hal itu dinilai telah melalui proses perhitungan sesuai aturan dan kebutuhan. “Kebutuhan pegawai sebanyak itu telah termasuk persiapan pegawai pensiun untuk beberapa tahun ke depan,” jelasnya. Saat ini, lanjutnya, jumlah ASN sekitar 3.559 orang. Kekurangan pegawai di OPD masih diisi tenaga harian lepas.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button